Cara update CentOS

CentOS (Community Enterprise Operating System) adalah salah satu distro Linux populer untuk penggunaan server. Saya sendiri menggunakannya sebagai pilihan utama dalam menginstall sistem operasi Linux untuk VPS. CentOS ini merupakan distro RHEL (Red Hat Enterprise Linux) yang dimodifikasi untuk disebarkan ke komunitas jadi kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Nah… melakukan update setelah melakukan instalasi baru CentOS merupakan hal yang wajib dilakukan, ini sekaligus untuk menutup lubang keamanan juga meningkatkan performa dan bisa menambahkan fitur – fitur yang ada. Tujuan utamanya adalah kestabilan sistem.

Pada CentOS untuk melakukan update caranya cukup mudah, yang pasti anda perlu menggunakan user root dan kemudian pada shell command ketikkan perintah yum update. Akan muncul proses pengecekan software yang bisa diupdate atau diupgrade dengan membandingkan repository Linux yang kompatibel dengan CentOS.

linux-centos-yum-update

Setelah itu kalau memang ada versi terbaru dari software yang anda install atau sudah ada dalam CentOS maka akan ditanyakan apakah ingin mendownloadnya. Kalau memang ingin melanjutkan maka ketikkan y dan tekan ENTER.
linux-centos-yum-update-download

Proses update akan berjalan otomatis, jadi anda tinggal menunggu sampai selesai saja tanpa perlu melakukan hal lain.
linux-centos-yum-update-run-transaction
Dengan perintah ini juga bisa berfungsi untuk mengupgrade versi CentOS itu sendiri misal dari versi 6.2 menuju 6.5. Sedangkan untuk upgrade antar versi major CentOS seperti dari 6.5 ke 7 diperlukan persiapan dan tool sendiri.

Tulis komentar...