Cara update Infinix Hot Note X551

Kebetulan saya kemarin bisa memegang handphone Infinix Hot Note X551. Sayangnya ada sedikit masalah pada saat ingin mengupdate XUI dari 1.N.1.1 (kalau tidak salah) menjadi 1.N.2.0 lewat OTA (Over The Air) yang sudah lazim ada pada Android. Jadi pas ingin menginstall updatenya malah akan gagal dan kembali ke jendela awal.

Kalau normalnya kan bisa kita update lewat Settings > About Phone > System Update dan tinggal menunggu downloadnya selesai. Ya, saya sukses sampai tahap ini tapi pada saat instalasi updatenya malah muncul pesan error Unfortunately, System update has stopped / Sayangnya, Pembaruan perangkat lunak sistem telah berhenti. Waduh… 🙁
infinix-x551-pembaruan-perangkat-lunak-sistem-telah-berhenti
Jadi sampai pada tahap ini sebenarnya bisa kita biarkan saja, kecuali anda memang benar – benar ingin mengupdate Hot Note anda. Maka solusinya adalah secara manual. Pastikan dulu baterai anda diatas 50% lah sebelum melakukannya.

Langkah awalnya silahkan matikan dulu handphonenya, kemudian hidupkan dengan menekan tombol Power+Volume Up secara bersamaan. Nanti akan muncul gambar robot Android KO di layar dengan simbol peringatan warna merah di perutnya. Ada teks No command / Tidak ada perintah di layar.

infinix-x551-android-boot-mode

Langkah kedua adalah menekan tombol Power+Volume Up lagi dan anda akan masuk ke Android Recovery Mode.

infinix-x551-android-system-recovery

Anda bisa menggeser pilihan aktif dengan tombol Volume Up atau Volume Down, untuk menjalankan opsi yang terpilih tekan tombol Power. Mari kita lanjutkan dengan masuk ke apply update from cache.

infinix-x551-apply-update-from-cache

Nanti didalamnya navigasikan ke folder system_update/ dan didalamnya akan menemukan updates.zip. Pilih file tersebut dan sekarang anda tinggal menunggu proses update manualnya.

infinix-x551-install-cache-system-update-zip

Dari pengalaman kemarin malam total waktunya kurang lebih 30 menitan kemudian restart dari menu yang akan muncul lagi setelahnya. Sempat tertahan lama di logo booting XUI sampai saya kira hang atau ada masalah lain. Untungnya proses berjalan terus dan sukses updatenya ke versi terbaru XUInya sekarang.

Sayangnya saya sekarang mengalami masalah lain setelah melakukannya, yakni tidak ada sinyal seluler walaupun SIM card terdeteksi. Padahal dari hasil baca – baca di forum pemilik hot note lainnya berhasil dan normal – normal saja. Sedang saya cari solusinya. 🙁

3 pemikiran pada “Cara update Infinix Hot Note X551”

Tulis komentar...