Cegah komputer kepanasan dengan TThrottle

Panasnya hardware yang terpasang dalam komputer dan laptop bisa berbahaya terhadap usia pakainya, bisa jadi kalau berkepanjangan anda terpaksa membeli perangkat baru untuk menggantinya. Kalau sistem pendingin anda sudah bekerja dengan baik tapi masih terlalu tinggi temperaturnya maka penyebabnya bisa jadi dari proses dan program yang sedang berjalan.

TThrottle merupakan solusi anda untuk mencegah prosesor dan GPU kepanasan karena proses dari program yang aktif. Saat pertama kali menjalankan akan muncul spesifikasi dari komputer anda, suhu sekarang dan tingkat penggunaan resource CPU dan GPU aktif.

Cara menggunakan TThrottle? Anda tinggal menentukan pada suhu berapa TThrottle beraksi dengan mengebiri tingkat penggunaan hardware oleh proses yang ada pada tab Rules. Isikan saja nama proses atau program yang menghabiskan penggunaan CPU dan GPU dan apa yang dilakukan saat melewati suhu yang telah ditetapkan. Tapi ini tidak wajib karena program ini mampu otomatis mengoptimalkan proses yang ada.

tthrottle

Anda juga bisa melihat grafik sejarah utilitas prosesor dan suhu komputer di tab Graph, dengan mempelajari pola yang ada anda bisa lebih memahami apa penyebab meningkatnya panas suhu hardware anda.
tthrottle-graph
Kalau ada program yang 100% atau setidaknya 50% tingkat penggunaan CPUnya maka program ini akan berguna untuk menahan dan menguranginya. Tapi jangan sampai anda menggunakannya untuk game atau aplikasi kerja, nanti bisa terasa lambat dan mungkin malah tidak responsif.

Tulis komentar...