Cek kepatuhan situs anda terhadap Pedoman Google Webmaster

Seberapa patuh setting website anda terhadap Pedoman Google Webmaster (Google Webmaster Guidelines)? Seperti yang kita ketahui bahwa Google memberikan banyak petunjuk, aturan dan larangan bagi para pemilik website agar tidak terkena pinalti karena melanggar peraturan dari Google baik sengaja maupun tidak. Tapi kalau kita baca pasti agak ragu juga karena selain banyak; bahasanya pun bisa dikatakan teknis.

Belum lagi kita harus mengecek apakah situs sudah mengikuti pedoman yang ada. Karena itulah saya ingin memperkenalkan sebuah tool bernama feedthebot yang akan otomatis memindai website anda apakah sudah mengikuti rekomendasi dari pedoman Google Webmaster.

feedthebot

Hasilnya akan ditampilkan secara umum dan bisa dilihat apakah situs anda sudah patuh atau belum, mana yang bisa dibuat lebih baik dan tentu saja daftar pedoman apa yang belum diikuti.

feedthebot-results

Bagusnya lagi kita tidak cuma diberi simbol centang, peringatan, atau kesalahan saja. Nanti pada setiap bagian akan ada link yang merujuk pada pedoman mana situs anda masih kurang sesuai. Sehingga kita bisa segera memperbaikinya dan ini jelas berpengaruh positif terhadap SEO (Search Engine Optimization).

Saya sendiri baru menyadari ternyata sudah 1 tahun lebih tidak menggunakan robots.txt untuk WordPress, sedangkan sisanya bisa dikatakan sudah cukup optimal.

Sebaiknya anda menggunakan feedthebot pada setiap website anda untuk mengetahui apakah ada masalah atau tidak kalau dibandingkan dengan panduan Google Webmaster. Bisa dikatakan salah satu langkah awal untuk memastikan ranking situs.

Tulis komentar...