Cek propagasi DNS dengan Propagated Yet?

DNS Propagation atau Propagasi DNS sederhananya adalah proses penyebaran informasi baru setiap kali anda mengubah record DNS (Domain Name Server) domain anda, lamanya bisa dari beberapa menit sampai hari. Selama proses propagasi ini ada kemungkinan website anda tidak dapat diakses, menuju lokasi lama, email tidak berfungsi dan sebagainya. Jadi pastikan dulu perubahan informasi record DNS anda sudah benar.

Tapi pada umumnya yang sering diganti adalah A Record pada DNS, karena ini mengarah ke server hosting anda. Jadi bagi anda yang akan memindahkan website anda ke hosting baru ini yang patut diperhatikan.

Untuk mengecek apakah propagasi DNS telah berhasil anda bisa menggunakan Propagated Yet?, layanan website ini spesifik untuk cek A Record DNS. Cara menggunakannya Propagated Yet? ini cukup mengisikan domain dan alamat IP yang baru kemudian klik “Let’s find out”.

propagated-yet

Bila propagasi DNS masih gagal atau masih berlangsung maka hasilnya akan “No” dan muncul informasi mengenai domain tersebut masih menunjuk ke IP address mana. Waktu pengujian terakhir juga dapat dilihat pada Last checked.

propagated-yet-no

Bila anda tidak bisa standby didepan komputer untuk menanti propagasi DNS selesai lebih baik anda memasukkan email anda dan Propagated Yet? akan mengirimkan email yang berisi pemeberitahuan kalau domain anda telah mengarah ke IP address yang diinginkan.

Bila propagasi sukses menuju IP address baru maka hasilnya adalah “Yes” dan disusul oleh IP address domain tersebut mengarah.
propagated-yet-yes

Kalau dalam beberapa lama domain tersebut masih belum terpropagasi juga, anda hanya bisa menunggu semoga prosesnya bisa lebih cepat selesai. Tapi pastikan dulu A record dan IP address yang dimasukkan tidaklah salah sebelum anda pasrah juga membuang waktu karena kesalahan sepele.

Tulis komentar...