Cara cek versi NET Framework

Dulu saya pernah membahas caranya cek versi NET Framework yang terinstall di Windows secara manual. Walaupun bisa dikatakan mudah untuk mengetahui versi berapa saja NET Framework yang ada tapi bukan berarti kita akan tahu apakah sudah lengkap semuanya dan apakah sudah menggunakan versi terbarunya.

Nah… saya tidak sengaja menemukan satu software yang cocok untuk itu. Silahkan anda download .NET Version Detector disini: http://www.asoft.be/prod_netver.html dan tinggal jalankan saja programnya. Aplikasi ini sifatnya portable jadi tidak perlu diinstall.

NET Version Detector

Nanti akan muncul grafis yang cukup informatif. Melihat sekilas saja kita akan bisa menyimpulkan versi berapa saja dari NET Framework yang telah dipasang dalam Windows. Teks berwarna putih menandakan kalau sudah terinstall, dan yang hitam/kelabu berarti tidak ada.

Kalau ternyata tidak lengkap maka anda bisa mengunduh update terbaru dari versi yang tidak ada tersebut. Perhatikan saja di sebelah kiri akan ada 2 icon untuk download, ambil yang jenis Download this framework ya, jangan yang SDK kecuali anda programmer yang memakai Visual Studio.

Tulis komentar...