Cek website berbahaya dengan Google Safe Browsing

Tidak semua website aman untuk dikunjungi, dengan celah – celah browser yang baru ditemukan dan bisa dimanfaatkan oleh virus atau malware membuat kita harus berhati – hati sebelum asal klik link yang diberikan teman kita apalagi orang asing yang tidak dikenali.

Lebih baik kita mencari tahu apakah situs tersebut membahayakan komputer anda atau tidak sebelum mengunjunginya, daripada nanti anda bergelut dengan virus, adware dan malware yang akan membuang waktu santai anda.

Bagaimana cara mengetahui apakah website tertentu akan mengancam keamanan komputer anda? Disini saya akan memanfaatkan layanan Google Safe Browsing yang memang berfungsi menganalisa suatu website apakah terdapat elemen – elemen berbahaya.

Cara menggunakan Google Safe Browsing

Saya akui cara menggunakan Google Safe Browsing ini tidak sulit tapi semestinya bisa dibuat lebih mudah. Yang perlu dilakukan adalah mengetikkan alamat Google Safe Browsing dan disertai dengan alamat website yang ingin dicek, contohnya : http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=uTekno.com.

google-safe-browsing-url-utekno-com

Jadi yang perlu anda gantikan adalah alamat website yang mengekor dibelakang ke situs lainnya.

google-safe-browsing-diagnostic-page-utekno-com

Seperti yang anda lihat hasil scan website ini (uTekno.com) adalah tidak ada yang berbahaya.

Hasil scan Google Safe Browsing yang positif berbahaya

Bagaimana anda bisa mengetahui dari hasil diagnosa Google Safe Browsing kalau website tersebut berbahaya? Sekarang saya contohkan Google.com yang tak disangka memberikan hasil positif membawa malware, virus , trojan, exploit, adware dan sebagainya. Sungguh mengejutkan bukan?

google-safe-browsing-diagnostic-page-google-com

Mengapa Google.com dianggap berbahaya? Karena yang dianalisa bukan hanya Google.com saja, semua halaman yang terletak di domain google.com akan discan dan dianalisa. Ini termasuk layanan Google Sites (sites.google.co), Google Code (code.google.com) dan sejenisnya yang bebas digunakan pengguna umum. Jadi jangan terlalu khawatir kalau yang anda gunakan hanya Google.com saja.

Maksud dari setiap poin di hasil diagnosa Google Safe Browsing

Saya akan berusaha sebaik – baiknya menjelaskan setiap poin yang ditampilkan dalam laporan Google Safe Browsing untuk website yang dianalisa, informasinya berdasarkan hasil positif berbahaya Google.com.

What is the current listing status for google.com?
Ini dimaksudkan apakah status website tersebut (google.com) berbahaya, bila tertulis “This site is not currently listed as suspicious.” maka aman dikunjungi.

What happened when Google visited this site?
Menginformasikan apa yang terjadi saat Google mengunjungi situs ini. Anda bisa mempelajari jumlah halaman yang dites, selama berapa lama, kapan terakhir akses, berapa halaman yang positif membawa malware oleh Google. Statistik ancaman keamanan juga bisa dilihat komposisinya seperti berapa jumlah virus, malware, trojan, exploit dan sebagainya.

Has this site acted as an intermediary resulting in further distribution of malware?
Berarti apakah website ini digunakan untuk perantara penyebaran malware ke korbannya, anda bisa melihat situs – situs yang memanfaatkannya untuk infeksi malware.

Has this site hosted malware?
Apakah situs ini menghosting malware bisa diketahui disini selama jangka waktu tertentu dan domain apa saja korbannya.

Lainnya

Apakah hasil Google Safe Browsing dapat dipercaya?
Saya yakin memang kemampuan Google yang mengenali malware atau ancaman lainnya cukup akurat, apalagi memang kerjanya adalah menelusuri halaman web di seluruh dunia. Beberapa browser ternama seperti Apple Safari, Google Chrome dan Mozilla Firefox juga menggunakan layanan Google Safe Browsing untuk melindungi penggunanya.

Satu pemikiran pada “Cek website berbahaya dengan Google Safe Browsing”

Tulis komentar...