ceml: Membaca file *.eml dan *.nws dengan mudah dan cepat

Bos saya kemarin mendapatkan kesulitan membaca file *.eml di komputernya, jadi saat dibuka isinya kosong. EML adalah ekstensi dari file email yang disimpan secara offline, biasanya akan otomatis dibuka oleh Outlook atau software email client lainnya. Entah kenapa saat itu Outlook jadi rewel dan tidak mau menampilkan isi suratnya.

Agak kelimpungan juga saya mencari software yang kecil dan mudah dalam penggunaannya untuk membaca file eml ini, sedangkan mendownload aplikasi penuh klien email seperti eM Client atau Mozilla Thunderbird tampaknya bisa membuat atasan saya uring – uringan karena repot memahaminya. Untungnya saya berhasil menemukan ceml, sebuah tool kecil (ukurannya cuma 78.12 kB) dan portable yang fungsinya cuma satu yaitu membuka file eml saja.
ceml

Arahkan saja Input Path ceml ke folder yang berisikan file eml dan nws dan akan otomatis dikenali isinya. Anda bisa langsung membaca email tersebut seperti biasanya. Kalau ada attachmentnya juga akan bisa disimpan secara tersendiri oleh program ini.

ceml bisa dikatakan sebagai salah satu software darurat yang wajib kalau ada masalah pada Outlook di Windows, apalagi kalau tidak ada akses internet saat itu.

Tulis komentar...