Character Map: Mudah mencari dan menggunakan karakter spesial dalam tulisan

Bingung bagaimana cara mengetikkan karakter Copyright (?)? Atau ada simbol mata uang dalam font yang ingin digunakan seperti Yen (?)? Daripada anda pusing – pusing mencari apa kombinasi tombol shortcutnya yang perlu ditekan untuk menuliskan karakter – karakter spesial tersebut anda bisa menggunakan tool bawaan di Windows untuk mengetikkannya.

Disini saya memandu anda berdasarkan Windows 7, untuk jenis lainnya seingat saya tidak terlalu banyak perbedaaannya. Yang perlu kita jalankan adalah Character Map. Pertama akses Start Menu > Accessories > System Tools > Character Map.

windows-7-start-accessories-system-tools

Anda akan melihat daftar karakter yang didukung pada font yang terpilih, jadi pastikan dulu kalau font yang ingin anda gunakan memang menyediakan karakter, huruf, atau simbol tersebut. Kalau anda sudah menemukan karakter atau simbol yang dibutuhkan maka klik saja dan kemudian klik tombol Select, maka akan muncul di kotak yang disediakan dan selanjutnya bisa anda klik Copy untuk dimasukkan ke dalam tulisan anda.
character-map

Kalau ingin menggunakan tombol hotkey untuk karakter tersebut maka perhatikan di pojok kanan bawah untuk instruksi tombol apa saja yang perlu ditekan, tepatnya di sebelah Keystroke.

Penggunaan populernya sih… saya sering memperhatikan teman saya menggunakannya untuk mengetikkan karakter – karakter alay dalam chatting. Haha.. 😀

Tulis komentar...