Chesscademy: Belajar dan latihan bermain catur secara online

Saya akui tidak bisa bermain catur, kalau monopoli dan ular tangga masih bisa walau sering kalah dengan keponakan. Haha… 😀 Mumpung sekarang sudah mulai ada waktu luang saya ingin belajar bermain catur, targetnya sih sampai pada taraf bisa main saja biar tidak malu – maluin waktu ditantang dibantai tetangga.

Entah memang kebetulan atau ada orang yang mendengar jeritan hati saya yang ingin belajar mengenai permainan catur secara tidak sengaja saya menemukan Chesscademy. Disini anda bisa mengikuti pendidikan catur dimulai dari dasar dan dibagi menurut tingkat kesulitan dan pemahaman anda, singkatnya seperti kursus dan menuntun kita dari pemula sampai mahir.
chesscademy-learn

Anda tinggal memilih tingkat pemahaman atau kemahiran anda bermain catur pada halaman Course yang disediakan, nanti akan ada beberapa pelajaran yang mencakup level dari course yang anda pilih. Saya sendiri baru mencoba Getting Started karena belum tahu apapun mengenai peraturan catur dan cara mainnya, apalagi ciri khas setiap bidak catur.
chesscademy -course-getting-started

Setiap pelajaran (Lesson) pada Chesscademy akan memiliki video sehingga anda bisa memahami apa yang dibicarakan dan diajarkan, setelah itu ada beberapa tahap latihan dimana nanti akan muncul papan catur digital dan anda bisa menggerakkan pion catur yang ada sesuai dengan topik pelajaran tadi, dan diakhiri dengan sebuah kuis untuk menguji pengetahuan anda setelah belajar.
chesscademy -exercise-check-part-1

Kalau anda sudah merasa ahli maka anda dapat menguji dan mengasah kemampuan anda dalam memecahkan taktik catur di bagian Tactics, dari pengamatan saya lebih tepat dibilang sebagai puzzle. Jadi nanti anda dapat memecahkan permainan catur lawan (komputer) dan akan diberi skor dari strategi dan langkah – langkah yang anda lakukan untuk mengalahkannya.
chesscademy-tactics

Walau Chesscademy dapat digunakan tanpa mendaftarkan sebuah akun tapi saya sangat menyarankan anda bergabung, ini berfungsi untuk mencatat kemajuan anda sudah sampai mana sehingga tidak mengulangi lagi tahap – tahapnya.

Tulis komentar...