Daftar lengkap Antivirus gratis

Keamanan adalah salah satu komponen penting dalam penggunaan komputer, apalagi di Windows yang merupakan sistem operasi terpopuler saat ini. Mau tidak mau anda harus berhati – hati dalam menjalankan program, browsing website dan membuka attachment dari email. Menggunakan antivirus adalah hal wajib yang harus dilakukan, tapi anda tidak harus memakai software antivirus berbayar karena yang gratis pun sudah cukup ampuh.

Berikut ini adalah beberapa nama dan link download antivirus gratis untuk Windows yang bisa anda coba dan tidak diurutkan dalam kriteria tertentu. Kurang lebih kemampuan mereka dalam menjaga dan menghapus virus yang sudah terlanjur menginfeksi komputer anda adalah sama, yang berbeda biasanya adalah tampilan dan cara pemakaiannya.

Panda Cloud Antivirus

Panda Cloud Antivirus adalah antivirus yang paling sering saya gunakan dan rekomendasikan ke teman saya, saat dijalankan akan terasa enteng dan akan diam duduk manis di background menjaga keamanan komputer anda dari serangan program jahat. Kekurangannya karena menggunakan sistem cloud kita harus online untuk memaksimalkan kemampuannya, terutama untuk mendeteksi virus baru dan membasminya sampai tuntas.

avast! Free Antivirus

avast! Free Antivirus adalah nama lama dalam dunia antivirus gratisan, merupakan salah satu yang ringan dalam penggunaan sehari – hari. Kalau anda suka memaksimalkan keamanan anda maka Avast bisa menjadi pilihan karena kelengkapan fiturnya. Yang kurang adalah sistem registrasinya untuk versi gratis dan harus diperbarui setiap tahun yang memang secara cuma – cuma juga.

AVG Free Antivirus

AVG merupakan antivirus gratis pertama yang saya pakai dahulu, dan termasuk setia dalam beberapa tahun. Sayangnya semakin lama semakin banyak fitur yang malah memberatkan sistem, memang semakin terlindungi tapi kalau seluruh kegiatan jadi terhambat jadi percuma bukan. Apalagi instasllernya juga menginstall program tambahan yang malah mengganggu seperti toolbar browser dan mengganti search defaultnya.

BitDefender Antivirus Free Edition

BitDefender adalah nama baru yang ikut berkecimpung dalam dunia antivirus gratis, dengan menggunakan engine mereka generasi sebelumnya ternyata masih mampu bekerja dengan baik mengatasi malware, spyware, atau virus. Selama percobaan saya perhatikan programnya cukup responsif dan tidak membebani kinerjanya.

Avira Free Antivirus

Avira dengan logo payungnya juga termasuk cukup bagus dalam deteksi virus, programnya juga tidak membuat komputer lambat. Cuma yang agak mengganggu adalah suara alarm atau peringatan setiap kali ada ancaman yang dikenali, dan pada saat tertentu akan muncul jendela iklan Avira versi berbayar – tidak salah sih tapi juga jangan sesering itu lah.

Malwarebytes Anti-Malware

MBAM (Malwarebytes Anti-Malware) bukanlah software antivirus merupakan pelengkap keamanan anda, fokus dari software ini adalah program jahat yang mengincar informasi pribadi dan keuangan anda. Pembajak browser juga akan dibersihkan total. Saya sudah pernah membahasnya cukup detail.

malwarebytes-anti-malware-v2

Demikian adalah daftar (semoga) lengkap software antivirus yang tersedia versi gratisnya. Mana antivirus terbaik? Saya sarankan anda mencoba sendiri karena kemampuan mereka tidaklah terpaut jauh, tapi kalau anda memaksa ingin tahu rekomendasi saya untuk antivirus gratis terbaik maka jawabannya adalah Panda Cloud Antivirus dan alternatifnya BitDefender Free.

Daftar ini akan saya lengkapi dengan produk – produk lainnya bila ada nama baru yang muncul. Setiap komentar pada deskripsi antivirus adalah berdasarkan penggunaan pribadi, jadi sangatlah subyektif adanya. 😉

Leave a Reply