Daftar penyedia email hosting gratis dengan custom domain

Ditutupnya Google Apps versi gratis jelas membatasi opsi kita saat ingin menggunakan email hosting untuk nama domain kita, apalagi kalau kita mencari yang gratisan. Tapi bukan berarti tidak ada lagi yang memberikan layanan email hosting dengan custom domain secara gratis. Kita hanya perlu tahu saja dimana harus mencarinya.

Walaupun sebenarnya kalau kita menggunakan shared hosting yang memakai cPanel akan diberi hosting email juga tapi akan lebih baik kalau dipisahkan supaya tidak dihitung menggunakan disk space untuk website anda.

Langsung saja berikut adalah daftar penyedia email hosting yang ada versi gratisnya dan pastinya mendukung custom domain (alamat- [email protected]):

  1. Zoho – https://www.zoho.com/mail/
  2. Yandex – https://pdd.yandex.ru/domains_add/
  3. Mail.ru – https://biz.mail.ru/
  4. Mr. Mail – https://www.mrmail.com/portal/?/cart/
  5. Inbox.eu – https://www.inbox.eu/

Khusus untuk Yandex dan Mail.ru cara mendaftarnya masih menggunakan bahasa Rusia, jadi Google Translate mungkin diperlukan.

Sekarang jumlahnya memang masih 5 provider tapi saya akan mengupdate daftarnya kalau mendapatkan informasi baru.

Oh ya, anda harus memiliki akses untuk mengubah record DNS dari domain anda untuk menambahkan MX (Mail Exchange) record untuk bisa memanfaatkan layanan ini, juga CNAME akan diperlukan nantinya.

Di lain kesempatan saya akan membuat tutorialnya satu per satu supaya anda dapat dengan mudah mengikuti prosesnya, terutama untuk Yandex dan Mail.ru yang dalam bahasa Rusia.

Tulis komentar...