LOADING

Type to search

Software

Database password default modem/router di Windows

Mengakses setting modem/ONT biasanya dilakukan sekali saja saat diawal pemasangan internet oleh ISP, setelah itu kita sebagai pengguna tinggal pakai saja lewat kabel LAN atau WiFi. Masalahnya kalau di kemudian hari kita ingin mengganti password hotspotnya dan ternyata malah gagal login ke administrasi modemnya. Repot kan?

Biasanya oleh teknisi yang menginstalasi router/ONT tersebut sudah memberikan informasi apa username dan passwordnya. Tapi apabila hilang atau lupa maka solusinya kita harus mencari tahu sendiri, baik cek online atau kalau bermasalah dengan akses internet bisa coba pakai aplikasi RouterDP (Router Default Passwords) untuk Windows: https://www.sordum.org/10411/router-default-password-v1-0/

 

Di dalamnya tersedia database perangkat nirkabel yang nanti akan otomatis dideteksi kalau PC/Laptop kita tersambung ke jaringannya, dan nanti akan disarankan apa merek dan tipenya. Kalau lupa apa IP untuk akses adminnya, tinggal cek tulisan “Link to access the Router/Modem Interface”, klik saja atau copas alamat IPnya.

Dan dibawah akan muncul daftar nama user dan kata sandi yang bisa dicoba untuk membuka pengaturannya.

Misal anda malah mengganti passwordnya sendiri, maka bisa dicatat juga di programnya supaya tidak lupa nantinya pas membutuhkan.

Bagaimana kalau gagal? Ini antara terpaksa kita mencari di Google atau kontak teknisi solusinya, tapi setidaknya kita sudah berusaha dulu memperbaiki sendiri dan syukur – syukur tepat jadi tidak membuang waktu menunggu petugas ISPnya mengatasi masalahnya.

Secara keseluruhan, aplikasi ini tepat bagi para teknisi yang di lokasi kerjanya kesulitan online dan perlu mengecek setting admin modemnya. Karena sifatnya offline dan portable jadi bisa dibawa kemana – mana.

Tags:

Tulis komentar...