DirectX Diagnostic Tool: Analisa dasar kemampuan dan kesehatan hardware

DirectX adalah nama yang familiar bagi para gamer di Windows. Memang DirectX identik dengan teknologi yang digunakan oleh game dalam pembuatannya apalagi kalau sasaran platformnya hanyalah Windows. Kalau ada masalah pada saat bermain game atau memutar video biasanya bisa didiagnosa secara dini melalui tool yang sudah disediakan Microsoft.

Karena DirectX berhubungan dengan tampilan atau video, suara, dan peralatan input seperti keyboard dan mouse maka kita bisa memperkirakan kalau kerusakan atau masalah yang terjadi di sekitar akan dideteksi oleh DirectX Diagnostic Tool.

Untuk memanggil DirectX Diagnostic Tool silahkan jalankan run command (tekan tombol Windows+R), kemudian ketikkan dxdiag dan disusul ENTER.
windows-7-run-dxdiag

Secara default akan muncul tab System yang berisi spesifikasi komputer secara umum. Jadi anda bisa mendapatkan informasi mengenai jenis sistem operasi dan versinya, BIOS, prosesor, memori, versi DirectX, dan sebagainya disini.
dxdiag-system

Pindahkan ke tab Display yang akan menampilkan spesifikasi kartu grafis yang terpasang, mulai dari nama dan tipenya, jumlah memori, resolusi layar, monitor, informasi driver, DirectDraw, Direct3D, dan fitur – fitur lainnya yang aktif.
dxdiag-display

Selanjutnya pada tab Sound akan berisi informasi mengenai perangkat suara yang ada, mulai dari nama dan spesifikasi singkat dari soundcard anda, sampai driver audio yang terinstall.
dxdiag-sound

Terakhir adalah tab Input yang akan menampilkan daftar perangkat kendali atau masukan pada komputer anda, biasanya adalah keyboard, mouse, touchpad, joystick, gamepad dan semacamnya.
dxdiag-input
Bagaimana kalau ada masalah? Anda akan mengetahuinya pada kotak Notes yang terdapat pada tiga tab(Display, Sound, dan Input) yang akan memperingatkan anda kalau ada masalah pada setiap bagian, jika tidak ada kerusakan maka akan muncul tulisan “No problems found.”.

2 pemikiran pada “DirectX Diagnostic Tool: Analisa dasar kemampuan dan kesehatan hardware”

Tulis komentar...