Display Driver Uninstaller: Menghapus bersih driver graphic card

Mengalami masalah pada kartu grafis anda? Kadang cukup dengan install ulang taua update driver VGA sudah cukup untuk mengatasi masalah ini. Biasanya uninstaller driver dari AMD, Nvidia atau Intel pada Add/Remove Program sudah bisa untuk menghapus bersih seluruh filenya. Tapi kadang ada yang masih bandel juga tidak hilang – hilang atau gagal proses uninstallnya, karena itulah kita perlu menggunakan software seperti Display Driver Uninstaller (DDU) untuk membersihkan driver lama secara tuntas.

Display Driver Uninstaller merupakan aplikasi yang sering direkomendasikan untuk menghapus folder, file, registry, dan driver dari berbagai merek GPU seperti Nvidia, Intel dan AMD. Cara menggunakannya cukup mudah, jalankan saja programnya dan pilih salah satu opsi yang ada. Oh ya, sangat dianjurkan menggunakan DDU dalam keadaan Safe Mode.
display-driver-uninstaller

  • Clean and restart – Ini adalah mode yang disarankan, driver akan dibersihkan setelah itu direstart komputernya.
  • Clean and DO NOT restart – Driver grafis akan dibersihkan tapi Windows tidak direstart, ini bisa menyebabkan masalah pada tampilan seperti layar hitam.
  • Clean and shutdown – Setelah driver VGA dibersihkan maka akan langsung dishutdown, gunakan mode ini bila ingin menginstall driver untuk graphic card baru.

DDU ini merupakan software wajib bagi anda yang sering memperbaiki komputer, saya sendiri cukup sering menggunakannya untuk setiap masalah yang berhubungan dengan graphic card – tentunya kalau cara ini bisa menjadi solusi, tidak semuanya bisa diselesaikan dengan menghapus driver.

Tulis komentar...