DIZzy: Software pembaca file NFO dan DIZ

Kadang kita menemukan sebuah file dengan ekstensi NFO atau DIZ, masalahnya Windows tidak mengenali atau salah menggunakan aplikasi untuk membukanya. Ekstensi NFO misalnya adalah tipe file Windows lama yang berisi informasi sistem, tapi sekarang NFO adalah jenis file yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai software, film atau sejenisnya – DIZ juga sama. Sebenarnya anda bisa membuka file tersebut dengan Notepad, tapi akan ada beberapa tata letak atau desain isinya akan rusak. Jadi memang dibutuhkan software khusus untuk membaca isinya.

Anda bisa menggunakan DIZzy (catatan: geser halaman download sampai mendekati paling bawah untuk menemukan link download DIZzy, tampilannya memang tidak rapi) untuk membaca file dengan ekstensi NFO, DIZ, TXT atau file berbasis teks lainnya. Aplikasi ini bersifat portable jadi tidak perlu instalasi dan ukurannya sangat kecil hanya 8 KB. Cara menggunakan DIZzy sangatlah mudah, cukup tarik file yang ingin dibaca ke dalam jendela program dan akan langsung tampil kontennya.

dizzy

Biasanya dalam file bertipe NFO akan berisi informasi mengenai pembuatnya, deskripsi dari file yang menyertainya, dan instruksi cara menggunakannya. Peran file NFO ini bisa dikatakan cukup penting sebagai panduan dasar penggunaan file yang disertainya. Kalau anda terpaksa maka gunakanlah Notepad untuk membaca file tersebut.

Tulis komentar...