DNS Jumper: Cepat dan mudah mengganti DNS Server Windows

Mengganti DNS server yang digunakan Windows bukan urusan sulit, cuma repot saja walaupun sudah biasa. Bahkan sebagian besar dari pengguna internet tidak perlu mengubah DNS server di komputer atau handphone karena setting yang diberikan secara otomatis lewat DHCP ke perangkat yang tersambung sudahlah cukup.

Tapi kalau anda memiliki alasan tertentu untuk mengganti server DNS yang dipakai di komputer seperti melewati blokir, mempercepat akses website, masalah performa DNS (situs tidak ditemukan dan harus reload baru muncul, tampilan website rusak), atau tidak ingin bergantung pada satu layanan saja maka bisa mencoba aplikasi DNS Jumper. Program ini bersifat portable jadi bisa dengan mudah dijalankan dimana – mana tanpa perlu instalasi.

dns-jumper

Yang perlu kita lakukan adalah tinggal memilih kartu jaringan (Network card) dari komputer dan kemudian nama DNS server gratis dari daftar yang disediakan. Nama – nama seperti Google Public DNS, OpenDNS, Comodo Secure, Level 3 dan masih banyak lagi bisa anda aktifkan dari sini. Kalau sudah yakin klik saja Apply DNS. Anda juga bisa menguji kecepatan respon DNS servernya untuk mendapatkan yang tercepat.

Kalau anda perhatikan memang DNS server yang ada dalam daftarnya secara default adalah internasional, untuk di Indonesia DNS server seperti milik Telkom Speedy/IndiHome, FastNet, MNC Play, DNS Nasional, Nawala, Trust+Positif, Innovate, BizNet, Indosat, XL, Telkomsel, dan lain sebagainya harus ditambahkan sendiri secara manual dalam daftarnya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...