Download Virtual Machine berbagai macam versi Windows di modern.IE

Bagi anda yang membutuhkan Virtual Machine untuk seluruh versi Windows (sejak Windows XP lebih tepatnya), Microsoft telah menyediakan website khusus untuk mengunduh berbagai versi Windows dalam bentuk VM. Format Virtual Machine yang didukung adalah VirtualBox, Hyper-V, Parallels, VMWare Fusion, Virtual PC dan VMWare Player.

VM yang disediakan ini cocok digunakan untuk menguji sesuatu dalam Virtual Machine tanpa resiko dan apabila anda ingin mencoba suatu aplikasi yang dirasa berbahaya seperti virus. Sebenarnya VM yang disediakan Microsoft pada situs modern.IE ini difungsikan untuk developer web mencoba situsnya dalam satu atau lebih sistem operasi Windows. Karena itu nanti pada setiap opsi downloadnya selain terdapat versi Windows juga diberikan versi Internet Explorernya.

modern-ie-virtualization-tools

Untuk mengunduh VM dari versi Windows yang anda inginkan pertama pilihlah dulu sistem operasi image dari VM tersebut akan dijalankan pada Select Desired Testing OS.

modern-ie-select-desired-testing-os

Selanjutnya anda akan memilih software VM yang digunakan pada Select Virtualization Platform:

  • Untuk Windows pilihannya adalah Hyper-V, Virtual PC, VirtualBox dan VMWare Player.modern-ie-windows-virtualization-platform
  • Untuk Mac opsi VM yang disediakan adalah VirtualBox, VMWare Fusion dan Parallels.modern-ie-mac-virtualization-platform
  • Sedangkan Linux yang tampaknya dianaktirikan atau memang hanya ada satu software VM yaitu VirtualBox.modern-ie-linux-virtualization-platform

Setelah anda memilih sistem operasi tujuan dan platform virtualisasinya akan muncul daftar link download Windows VM dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1. Kalau anda membutuhkan versi Internet Explorer tertentu maka informasinya akan didapatkan dengan mudah disamping nama versi Windows yang tertera.

modern-ie-windows-vm-download

Kebanyakkan download Windows VM ini dipecah menjadi beberapa bagian (part), anda harus mendownload semua filenya dan lakukan ekstraksi. Proses ekstraksi file .sfx dan .rar ini bisa menggunakan bantuan WinRAR.

VM Windows ini hanya akan aktif selama 90 hari, jadi tidak bisa digunakan secara permanen. Tapi anda bisa mendownloadnya kembali kalau sudah mendekati waktu kadaluarsanya.

Tulis komentar...