DriverBackup!: Mudah membuat cadangan driver hardware

Proses install ulang yang paling repot bukanlah instalasi Windowsnya, melainkan pada proses install driver dan software pelengkapnya. Karena itu kalau ada cara yang lebih cepat tentu akan lebih baik dalam memasang kembali semua driver secara otomatis, dan ini bisa menggunakan cadangan yang anda buat menggunakan software backup driver hardware.

DriverBackup! adalah salah satu program yang khusus digunakan untuk membuat backup dari seluruh driver yang terpasang pada komputer. Anda cukup menjalankan aplikasinya dan akan muncul daftar perangkat keras yang dikenali beserta drivernya, ukuran totalnya juga akan ditampilkan. Kalau anda sudah siap langsung saja tekan Start Backup!.

driverbackup

Selanjutnya tentukan lokasi penyimpanan backup driver tersebut dan klik Start Backup! kembali.

driverbackup-selected-devices

Proses pembuatan backup akan dimulai, silahkan tunggu. Pengalaman saya tidak sampai 5 menit waktu yang dibutuhkan, dan akan muncul folder berisi driver beserta file dengan ekstensi *.bki.
driverbackup-backup-selected-devices

Simpan cadangan driver anda di tempat lain seperti Flashdisk. Kalau anda ingin mengembalikan backup anda ke Windows maka jalankan DriverBackup! kembali tapi pilih Restore dan arahkan ke file dengan ekstensi *.bki yang telah dibuat sebelumnya. Mudah bukan?

Tulis komentar...