Emulasi CD/DVD drive dengan WinCDEmu

Emulasi? Makanan apa lagi ini? Emulasi disini berarti menirukan drive optikal seperti CD dan DVD di komputer anda. Hal ini berguna bila anda tidak memiliki drive CD/DVD fisik. Apa manfaatnya menirukan drive CD dan DVD? Ada beberapa manfaat dan semuanya berhubungan dengan file image dari CD dan DVD yang mungkin anda miliki.

File image adalah tiruan penuh dalam bentuk digital dari CD dan DVD dan biasanya memiliki ekstensi .ISO sebagai standarnya. Apabila anda ingin memasang file ISO ini tentu repot bila harus diburning terlebih dahulu, nah disini anda bisa menggunakan WinCDEmu untuk menggantikan fungsi drive fisik tersebut. Jadi anda bisa memasang file ISO ke drive virtual dan menjalankan CD atau DVD tersebut seperti biasanya.

Anda install WinCDEmu terlebih dahulu tentunya, jangan khawatir software ini gratis.
wincdemu-install

Pilihan “Mount a disc image” akan muncul pada saat menjalankan atau klik kanan pada file yang didukung seperti ISO, CUE, NRG, MDS/MDF, CCD, dan IMG.
wincdemu-mount-a-disc-image

Anda bisa memilih huruf drive yang akan digunakan oleh WinCDEmu untuk mounting, program ini akan secara otomatis mencari huruf drive yang tidak terpakai jadi anda bisa mengabaikannya. Disc image yang anda pasang akan muncul di My Computer dan bisa dipergunakan layaknya drive fisik.

wincdemu-virtual-drive

Setelah selesai menggunakan anda bisa melepaskan atau unmount disc image dengan klik kanan pada drive dan pilih “Eject”.

WinCDEmu juga bisa membuat file ISO, tapi anda harus memiliki dan memasang CD dan DVD terlebih dahulu. Jadi bila anda mempunyai CD atau DVD yang ingin anda buat ISO-nya bisa menggunakan fitur ini. Cara membuatnya cukup mudah, masukkan CD/DVD dan tinggal klik kanan pada drive CD/DVD anda. Pilih “Create ISO image”, pilih lokasi penyimpanan file ISO dan tunggu proses sampai selesai.
wincdemu-creating-iso-image

Cukup mudah bukan melakukan emulasi CD/DVD drive? Bila anda malas melakukan instalasi juga terdapat versi portable dari WinCDEmu. BD atau Blu-Ray Disc ternyata juga didukung oleh aplikasi ini, ternyata selain gratis fiturnya juga cukup melimpah.

Tulis komentar...