EXIF Pilot: Editor EXIF mudah dan cepat

Pada setiap foto yang anda ambil dengan kamera digital atau kreasi anda menggunakan software photo editor biasanya akan juga disisipkan data EXIF (Exchangeable Image File format) yang berfungsi memberikan informasi tambahan mengenai gambar tersebut.

Ini biasa diisikan lokasi dengan koordinatnya, merek dan tipe kamera yang digunakan, setting kamera yang aktif ( Orientation (rotation), aperture, shutter speed, focal length, metering mode, dan ISO speed), tanggal dan waktu kapan diambil foto tersebut, deskripsi, hak cipta dan masih banyak lagi. Tapi banyak juga yang merasa adanya data tambahan ini bisa membocorkan privasi atau data lainnya.

Kalau anda ingin mengubah isi data EXIF atau menghapusnya maka anda bisa mencoba memakai EXIF Pilot sebuah software gratis yang tugasnya spesifik untuk itu.
exif-pilot

Anda tinggal memasukkan foto yang ingin diedit info EXIFnya, dan akan otomatis ditampilkan thumbnail beserta data yang dikenalinya. EXIF Pilot mendukung format gambar JPEG, TIFF, PNG, DNG, NEF, PEF, CR2, CRW, JP2, ORF, SRW, ARW, SR2, PSD, RAW, MRW, RW2, PGF, EPS, dan RAF. Oh ya nama lain EXIF juga bisa disebut EXIF GPS, IPTC, dan XMP.

Saya sendiri menggunakannya untuk dokumentasi event kantor dan diekspor datanya ke dalam file Excel supaya mudah mengolahnya dan EXIF Pilot merupakan program editor yang termudah yang pernah saya coba.

Tulis komentar...