FloatLED: Indikator aktivitas harddisk

Pada PC anda pasti sudah mengenal lampu LED berwarna merah yang memberikan tanda bahwa adanya aktivitas pada harddisk, sayangnya pada beberapa jenis laptop sekarang sudah tidak ada lampu indikator akses harddisk ini. Padahal fungsinya cukup penting supaya kita tidak melakukan hal – hal menghentikan proses yang berjalan pada harddisk untuk mencegah kehilangan data atau kerusakan.

Alasan lain untuk mengetahui adanya proses baca atau tulis pada harddisk adalah saat komputer anda tidak merespon input apapun, ini bisa berarti komputer anda sedang sibuk menuliskan data ke harddisk, dan juga anda ingin memastikan apakah file yang anda buat benar – benar tersimpan.

Dengan menggunakan FloatLED anda akan mampu mengamati segala proses yang terjadi, ini termasuk proses baca dan tulis. Program kecil ini akan langsung mengenali drive harddisk anda dan akan muncul warna hijau menandakan proses read (baca), merah proses write (tulis), dan hitam untuk background. Setiap kali ada aktivitas maka pada tampilannya akan muncul seperti kelap – kelip, cukup informatif dan menghibur melihatnya.
floatled

Tentu saja anda bisa mensetting lebih jauh, terutama pada besar icon dan warna yang digunakan. Klik kanan saja pada jendela aplikasinya maka akan muncul menu untuk mengatur konfigurasinya. Terlalu mengganggu? Sembunyikan saja di system tray icon – iconnya.
floatled-drives-icons-configuration

Secara keseluruhan tool ini akan membantu anda mengawasi aktivitas yang terjadi pada harddisk, apalagi kalau anda ingin melihatnya langsung pada desktop beserta dengan catatan sekilas mengenai setiap kegiatan yang terjadi.

Tulis komentar...