f.lux: Mata lebih sehat saat menggunakan komputer

Seringkali dalam pekerjaan dan belajar kita berurusan dengan komputer, dan mau tidak mau kita kadang harus melihat layar monitor dalam jangka waktu yang panjang. Terangnya layar memang bisa direndahkan untuk mencegah mata sakit, dan ada jam tertentu yang kita harus mengatur kembali cerahnya monitor untuk mengoptimalkan penglihatan kita dan tidak membebani mata. Akan sangat merepotkan dan pasti sering lupa kalau kita harus mensetting secara manual setiap kali menggunakan komputer atau sudah melewati waktu tertentu.

Karena menghindari komputer jelas tidak mungkin sebagai orang IT, maka saya mencari cara merawat kesehatan mata melalui software, dan f.lux adalah jawabannya.

f.lux berfungsi mengubah kecerahan (brightness) dan warna suhu (color temperature) dari layar monitor yang digunakan supaya lebih nyaman di mata.

f.lux

Perubahan warna dan terangnya monitor ini tergantung dimana lokasi anda berada (akan dideteksi secara otomatis atau bisa diisikan secara manual), dan waktu sekarang. Jadi tampilan siang hari dan malam hari akan berbeda, pencahayaan ruangan dan jenis lampu yang digunakan akan berpengaruh, tapi anda sebagai pengguna f.lux tidak akan menyadarinya karena akan diubah secara perlahan – lahan dan otomatis.
f.lux-where-am-i

Secara keseluruhan tidak ada kekurangannya kecuali anda bergerak di bidang desain atau yang membutuhkan akurasi warna karena f.lux akan memodifikasinya. Tapi anda bisa mematikannya secara sementara kalau anda membutuhkan warna sesungguhnya. Software ini sementara tersedia untuk Windows, Mac dan Linux.

Saya berani mengatakan bahwa f.lux adalah program wajib yang harus ada di setiap komputer, apalagi bagi anda yang sadar dan ingin mengurangi efek buruk komputer terhadap mata. Oh ya, klaim pembuatnya ini juga akan membuat tidur kita lebih nyenyak setelah menggunakan komputer, mungkin ini akan membantu anda yang sulit tidur.

Tulis komentar...