Ada folder AMD atau NVIDIA di drive C? Itu bisa dihapus kok.

Kali ini keluhan yang masuk adalah pada laptop kenalan saya yang menggunakan SSD. Ya karena tidak menggunakan harddisk pada drive C-nya ini yang membuat saya sadar bahwa ada folder AMD yang ukurannya bisa mencapai 11GB! Seperti yang kita tahu kapasitas SSD memang kecil tapi sangat lebih baik kecepatannya dibandingkan harddisk, dan ini sangat cocok dibuat bermain game atau video editing jadinya. Loadingnya jelas lebih cepat. Harganya juga cukup mahal tapi worth it.

Nah… awalnya saya cuma mendapatkan laporan kalau setelah beberapa bulan kok cepat sekali penuh SSDnya. Karena orangnya memang doyan ngegame saya kira ini disebabkan semuanya diinstall di SSDnya. Ternyata tidak. Akhirnya pakai aplikasi WinDirStat untuk melacak kemana saja penggunaan kapasitas SSDnya. Dan… folder AMD ini beserta isinya mencapai 11GB. Wow…
windirstat-drive-c

Gara – gara ini saya jadi ingat kalau perilaku yang sama juga terjadi pada komputer yang memiliki VGA dari NVIDIA. Kok bisa terjadi hal seperti ini? Fungsinya paling utama adalah sebagai folder sementara (temporary) saat menginstall driver GPUnya, jadi diekstrak dulu isinya kesana baru dijalankan installernya. Bisa anda cek sendiri isinya apa, pasti banyak folder dengan berbagai versi driver.

Masalahnya kenapa kok tidak dihapus setelah kita berhasil melakukan instalasi atau update driver VGA? Disinilah letak niat baik dari pengembang softwarenya sebenarnya, misal kita mengalami masalah setelah menggunakan versi driver tertentu maka kita bisa dengan mudah mengembalikan ke versi sebelumnya. Yang bikin repot kalau kebiasaannya seperti kenalan saya yang sering update driver agar mendapatkan yang terbaik, jelas lama – lama menumpuk.

Nah… saya cuma menginformasikan kalau ada folder dengan nama AMD, ATI, AMD ATI atau NVIDIA maka ini bisa dibersihkan semua isinya agar kapasitas harddisk atau SSD anda lega kembali. Tapi jangan asal hapus ya, pastikan dulu memang isinya sesuai yang saya bicarakan. Kadang ada yang menginstall drivernya pada lokasi tidak standar soalnya.

Tulis komentar...