foobar2000: Audio player minimalis fantastis

Dulu saya adalah penggemar WinAmp yang tampaknya selalu diinstall oleh setiap teknisi pada komputer baru, dan memang saya sering menggunakannya untuk memainkan lagu dan kadang – kadang melihat visualisasinya yang keren. Seiring beranjaknya waktu saya kurang menyukai tampilan WinAmp dan AIMP yang menurut saya terlalu ribet, dan akhirnya saya menemukan foobar2000 dan sampai sekarang masih setia menggunakannya.

foobar2000 adalah audio player yang memiliki tampilan minimalis dan rendah penggunaan resource komputer, dan memang fungsinya adalah menyetel musik tanpa mengganggu aktivitas kita di komputer. Saya pasti menjalankan foobar2000 setiap kali menyalakan komputer, menyembunyikannya di background karena saya tidak perlu melihat playlist yang ada dan mengendalikannya melalui shortcut keyboard.
foobar2000-simple-playlist-tabs

Anda bisa melihat sendiri betapa sederhananya tampilan foobar2000, memang isinya cuma daftar lagu dan tidak ada yang lain. Bosan dengan satu playlist? Ubah ke playlist lainnya dengan memilih tab yang ada, ini yang saya sukai karena semuanya bisa diakses dari satu lokasi.

Tampilannya kurang sangar? Jangan khawatir, program ini didesain untuk audiophile dan bisa disetting sesuai dengan keinginan anda, anda bisa menampilkan album cover, informasi tambahan mengenai lagu tersebut, lirik lagu dengan bantuan plugin, semuanya dengan menggunakan sistem layout editor. Anda juga bisa mencari skin untuk foobar2000 sehingga tampilannya benar – benar lain dari aslinya. Tinggal kreativitas anda yang menentukan hasilnya, kalau saya sih Simple Playlist+Tabs sudahlah cukup karena saya mendengarkan lagu bukan melihatnya. 🙂
foobar2000-visualisations-cover-art-tabs

Dukungan format audionya sendiri cukuplah lengkap:? MP3, MP4, AAC, CD Audio, WMA, OGG Vorbis, Opus, FLAC, WavPack, WAV, AIFF, Musepack, Speex, AU, SND dan masih banyak lagi, kalau dirasa kurang anda bisa memasang component yang dibutuhkan untuk menambahkan fitur seperti audio converter dan dukungan format audio yang lebih eksotis.

Kesimpulannya? Secara pribadi ini adalah music player wajib yang selalu saya install pada setiap komputer yang saya pakai secara rutin.?Hal yang tidak berhubungan dengan kemampuan program ini tapi yang membuat saya jatuh hati adalah logonya yang berupa Alien. Haha.. 😀 Tapi kalau anda masih setia dengan WinAmp dan membutuhkan alternatif yang lebih baik maka bisa mencoba AIMP yang mirip tampilannya tapi memiliki fitur lebih.

Tulis komentar...