Fungsi class pada SD Card

Ada pertanyaan yang masuk melalui email mengenai SD Card. Seperti kita ketahui tampaknya kartu SD (Secure Digital) ini sudah menjadi standar untuk media penyimpanan baik di handphone, tablet, kamera digital dan sebagainya. Tapi pada saat anda membeli SD Card pasti akan ditanya kembali oleh penjualnya mau yang kelas berapa? Seperti sekolah saja ada kelas – kelasnya. Haha. 😀

Jadi apa itu class pada SD Card? Sebenarnya sederhana aturannya, semakin tinggi classnya akan semakin baik performanya (kecepatan baca dan tulis datanya). Yang pasti harganya cukup berbeda antar class. Contohnya saya baru saja membeli Sandisk microSD Card 8GB class 4 di Blibli cuma Rp. 51.500 dan untuk versi class 10 pada situs yang sama harganya paling murah Rp.73.000. Walau cuma 20 ribu selisihnya tapi tergantung kebutuhan anda lebih baik pilih yang cocok.

2 buah microSD Card Sandisk berukuran 8GB class 4 dan 10
2 buah microSD Card Sandisk berukuran 8GB class 4 dan 10

Bagaimana memilih class SD card yang sesuai atau yang terbaik? Jadi angka yang menunjukkan kelasnya adalah berdasarkan dari performa minimal dari kartu SDnya. Misal class 4 maka dijamin minimal kecepatannya 4 MB/s. Semisal kamera anda berukuran 8MP dan hanya memotret foto satu kali dalam satu detik maka masih mampu melayani kecepatan penyimpanan datanya. Lain halnya kalau merekam video kualitas tinggi atau memfoto beberapa kali dalam satu detik (burst) jelas kewalahan SD cardnya malah bisa jadi datanya tidak tersimpan atau hilang. Kalau ini lebih baik yang class 10.

Pada umumnya anda akan menemukan class SD Card 2, 4, 6, dan 10. Mungkin kedepannya akan ada yang lebih tinggi untuk pengguna kasual dan masih menggunakan angka genap. Tapi sebenarnya ada standar SD Card yang memakai angka ganjil, ini bukan lebih rendah performanya melainkan setara atau lebih tinggi. Nama standarnya UHS (Ultra High Speed) dan setiap angkanya mewakili 10 MB/s, jadi kalau 3 ya 30 MB/s. Cukup kencang bukan?

Tulis komentar...