GanttProject: Mudah dan cepat membuat Gantt chart

Terlibat dalam sebuah proyek tentu kita harus memiliki target dan membagi tugas untuk mencapainya, salah satu metode yang umum dipakai untuk mempermudah kita dalam manajemen proyek adalah Gantt chart. Dengan diagram ini kita bisa menentukan siapa yang melakukan, apa tujuannya, kapan dimulainya dan berapa lama selesainya.

Salah satu software yang biasa digunakan untuk membuat diagram Gantt ini adalah Microsoft Project, tapi kalau anda ingin menggunakan alternatif yang lebih kecil dan gratis maka saya menyarankan GanttProject. Program ini mendukung Windows, Mac dan Linux. Juga memerlukan Java, jadi pastikan dulu telah menginstallnya.
ganttproject

Cara membuat diagram sendiri sangatlah mudah, tinggal klik kanan New Task dan isikan propertinya. Kalau ada proses sebelumnya yang harus diselesaikan sebelum proses berikutnya maka tinggal atur pada dependensinya. Nanti anda bisa mengatur warnanya juga untuk mempermudah pemahaman dari Gantt chart yang dibuat.

Secara pribadi saya cukup sering membuat dan menggunakan GanttProject dalam pekerjaan supaya menjadi pengingat apa yang harus diselesaikan dalam bulan ini, semacam displin mandiri.

Hasilnya bisa disimpan menjadi gambar, PDF, HTML, Microsoft Project (MPX), CSV, dan PERT. Saya menyarankan jangan gunakan Microsoft Excel untuk membuat Gantt chart, memang bisa mirip tampilannya tapi akan lebih mudah mengaturnya secara otomatis menggunakan software yang khusus dibuat untuk itu.

Tulis komentar...