GifCam: Merekam aktivitas layar menjadi animasi GIF

Anda memiliki video yang pada waktu tertentu ingin dibuat GIFnya? Atau anda membuat sebuah tutorial dan ingin menyisipkan sebuah animasi GIF untuk mendemonstrasikan langkah – langkah yang anda lakukan ke dalam dokumennya? Membuat sebuah video kadang bukan solusi, mungkin karena repot mengeditnya atau ukuran file hasil rekamannya terlalu besar untuk didistribusikan, sebuah gambar animasi GIF ukurannya bisa cukup kecil tapi mampu menyampaikan informasi dengan cukup jelas.

Salah satu software yang rutin saya gunakan adalah GifCam, sebuah aplikasi untuk merekam apapun yang muncul di layar monitor anda menjadi sebuah file animasi GIF. Ukuran program dalam kisaran 1.5MB dan tidak perlu diinstall.

Cara menggunakannya sangatlah mudah anda tinggal menjalankannya dan akan terdapat sebuah kotak kosong di dalam jendela aplikasinya, ini adalah lokasi yang akan direkam dan dijadikan sebuah file animasi GIF nantinya. Anda bisa mengatur besar layar (resize) yang direkam dengan menarik pinggir jendela program sampai sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.

gifcam

Setelah yakin akan posisi dan ukurannya maka klik saja Rec untuk mulai merekam, kalau sudah selesai klik Stop. Untuk menyimpan hasil recordingnya maka klik saja Save, beri nama filenya dan tentukan lokasinya.

Bagusnya GifCam ini juga akan mengoptimalkan ukuran fila GIFnya dengan menghapus frame animasi yang duplikat atau tidak ada perubahan, dengan sistem kompresi sederhana ini maka besarnya akan bisa ditekan tanpa kehilangan kualitas gambar.

Tulis komentar...