Google sekarang adalah anak perusahaan Alphabet

Ada berita yang saya baca pagi hari ini dan sempat saya anggap April Mop karena benar – benar tidak menyangka. 😀 Yaitu Google Inc. (nama perusahaan bukan mesin pencarinya) berubah nama menjadi Alphabet, atau lebih tepatnya menjadi anak perusahaan, dan CEO dari Google Inc. adalah Sundar Pichai. Jadi Alphabet Inc. ini sebenarnya dibuat oleh Sergey Brin dan Larry Page.

Anda sudah bisa mengakses situs resmi Alphabet Inc. di https://abc.xyz/ dan saat ini baru muncul satu produknya, yaitu si huruf G. 🙂

alphabet-g-is-for-google

Ya, dari pengumuman ini Google hanyalah akan menjadi satu perusahaan yang fokus pada produknya bukan mesin pencari yang memiliki banyak produk dan merek. Seperti kita tahu bahwa situs hosting video YouTube, sistem operasi mobile Android, layanan peta interaktif Google Maps, browser Google Chrome, mobil pintar yang otomatis mengendarai sendiri, dan masih banyak lagi berfokuskan pada teknologi masih bisa menjadi perusahaan sendiri – sendiri yang pengembangannya bisa lebih leluasa dan maju.

Tapi jangan anda lupakan kalau Google sendiri memiliki produk atau penelitian yang tidak berhubungan langsung dengan mesin pencarian, seperti dalam bidang kesehatan seperti kontak lensa untuk mendeteksi glukosa (Life Sciences) atau memperpanjang usia manusia (Calico Labs). Ini belum membahas keuangan (Google Ventures) dan bidang – bidang lainnya. Yang tidak umum bisa anda cek di Google X.

Jadi bisa anda harapkan akan terjadi restrukturisasi perusahaan Google dan yang lainnya dibawah Alphabet, mesin telusur adalah salah satu layanan atau produk yang ditawarkan dari Alphabet. Hurufnya yang ditampilkan di situs resmi mereka sekarang cuma ada satu: G, yang lainnya (mungkin Y untuk YouTube, A untuk Android, dan sebagainya) bisa diperkirakan akan menyusul berdasarkan nama besar brand selain si Google.

Tulis komentar...