Gravatar: Satu avatar untuk semua

Avatar adalah gambar yang digunakan dalam profil anda, cukup sering fitur ini ada dalam forum, blog atau social media – dan nama lainnya adalah profile picture, display picture dan sebagainya. Rata – rata memang menggunakan foto atau gambar yang unik sebagai pembeda dengan user lainnya, tapi untuk beberapa situs seperti WordPress (dan situs yang mendukung Gravatar) maka anda tidak bisa langsung menguploadnya karena mereka menggunakan layanan pihak ketiga dari Gravatar ( Globally recognized avatar).

Gravatar adalah layanan avatar dari Automattic yang juga membuat WordPress dan Akismet, keunggulan menyimpan avatar anda disini adalah anda cukup mengupload sekali dan akan bisa digunakan di semua situs yang mendukungnya. Tapi dari pengalaman saya banyak yang lebih sering mengaktifkan Gravatar supaya di WordPress muncul foto profilnya, karena memang di dalam CMSnya tidak ada cara upload gambar untuk profil.

Bagaimana cara mendaftarkan akun di Gravatar? Kalau anda sudah memiliki akun di WordPress.com maka anda bisa langsung melakukan sign-in dan klik Authorize setelahnya.
gravatar

Email yang anda gunakan adalah identitas anda, selanjutnya silahkan upload gambar untuk dijadikan avatar dengan klik add new image.
gravatar-emails

Anda bisa menambahkan alamat email lain dalam Gravatar, jadi anda bisa membedakan avatar per alamat email. Sekarang sudah cukup banyak website yang mendukung penggunaan Gravatar, minimal dalam form komentarnya untuk memberikan personalisasi unik pada setiap pengunjung yang menuliskan komentar.

Tapi tidak hanya itu, dalam Gravatar sebenarnya juga berisi satu profil untuk semua. Anda bisa menambahkan galeri foto, alamat website, dompet cryptocurrency, informasi kontak dan sebagainya selain data pribadi. Saya sendiri baru menyadari sekarang betapa lengkapnya fitur Gravatar sebagai layanan identitas online, dulu pertama kali menggunakan hanya ada avatar dan profil.

Tulis komentar...