Grumpicon: Konversi SVG ke PNG mudah dan cepat

SVG (Scalable Vector Graphic) adalah format file untuk gambar bertipe vektor yang bersifat terbuka,karena itulah tidak ada perbedaan kualitas walau berukuran besar maupun kecil karena isinya adalah perhitungan matematika dan koordinatnya. Anda bisa membuka file tersebut menggunakan Notepad dan bisa melihatnya sendiri.

Saya sendiri sedang berurusan dengan file SVG karena ingin mengkonversi gambar logo menjadi PNG supaya lebih mudah diakses dan dilihat oleh browser atau image viewer biasa. Ternyata tidak mudah menemukan sebuah layanan konversi SVG ke PNG yang mudah dan cepat, apalagi kebanyakan memerlukan email untuk dikirimkan link downloadnya. Sungguh merepotkan.

Setelah mencoba satu per satu akhirnya saya menemukan Grumpicon, sebuah tool online untuk mengubah gambar format SVG menjadi PNG. Tinggal anda letakkan gambarnya pada gambar Unicorn dan akan otomatis dikonversi menjadi file PNG.

grumpicon

Link downloadnya akan menghasil sebuah file ZIP berisi gambar PNG hasil konversi beserta beberapa file CSS, HTML dan TXT. Ya sebenarnya layanan Grumpicon ini sebenarnya berguna untuk para web developer dalam menggunakan icon dengan resolusi tinggi sebagai icon atau background dalam website. Tapi kita bisa mengabaikan file – file tambahannya kalau cuma membutuhkan PNG-nya.

Oh ya resolusi default hasil konversi cukup besar yaitu 4000 pixel, jadi perlu disesuaikan lagi ukurannya kalau hanya untuk logo.

Tulis komentar...