Harddisk baru tidak terdeteksi di Windows?

Ceritanya anda baru beli harddisk buat dipasang dalam PC atau laptop, tapi ada masalah, tidak ada drive baru muncul di File Explorer Windows 10. 🙁 Saya barusan mengalaminya, ya spontan khawatir karena hdd 500GB ini saya beli online lewat Tokopedia, bakal repot ngurus returnya kalau beneran rusak.

Kalau anda mengalami kasus yang sama, maka jangan panik dulu karena masih ada satu langkah solusi yang bisa dicoba dan ini tanpa memerlukan aplikasi tambahan apapun.

Kita cuma memerlukan tool asli Windows bernama Disk Management. Cara aksesnya tinggal ketikkan nama toolnya atau di Start Menu ketikkan diskmgmt, dan sisanya akan dilengkapi otomatis Windows 10.

Tinggal jalankan dan di dalamnya akan muncul informasi semua hardware storage terpasang dan dikenali oleh Windows.

Jadi walaupun tidak terdeteksi di File Explorer, bisa jadi akan muncul disini karena harddisknya belum diinisialisasi sama sekali.

Bisa dilihat ada satu penyimpanan bernama Disk 2 berkapasitas 298GB (320GB) yang statusnya Online (ada dan dikenali Windows) tapi Unallocated (belum disiapkan).

Jadi karena tidak bisa digunakan sehingga tidak muncul pada daftar drive. Jadi tidak seperti pasang Flashdisk atau Harddisk External, yang dipasang tapi belum diformat akan diinstruksikan Windows untuk melakukannya, yang ini bisa dikatakan manual.

Nah.. bagaimana solusinya? Gampang kok, klik kanan pada disk tersebut dan pilih New Simple Volume. Nanti akan diminta mengisikan ukuran dalam satuan MB dari kapasitas harddisknya yang bisa digunakan. Kemudian mengisikan huruf drivenya (D, E, F dan seterusnya) dan format file system (NTFS saran saya). Terakhir Finish.

Selesai sudah, dan seharusnya harddisk anda tadi yang bermasalah akan muncul dan bisa digunakan sebagaimana normalnya.

Tulis komentar...