Hosting aplikasi Python anda dengan gratis di PythonAnywhere

Sekarang aplikasi web tidak dibatasi PHP saja, beberapa bahasa pemrograman lain ikut naik pamornya seperti Ruby, Python dan Go. Masalahnya untuk mencari hosting untuk WebApps berbasis selain PHO lebih sulit dan relatif lebih mahal. Biasanya para developer terpaksa membeli VPS untuk disetup sendiri atau menggunakan hosting berbasis PaaS (Platform as a Service) seperti Heroku. Tapi kalau hanya untuk membuat satu aplikasi Python saja kita tidak perlu menyibukkan diri dengan setting platform karena ada PythonAnywhere.

PythonAnywhere adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) dan hosting untuk aplikasi dengan bahasa Python. Kalau anda sebagai pemula atau hanya ingin mencoba deploy aplikasi Python anda di internet bisa memanfaatkan hosting gratis dari layanan ini. Anda cukup mengakses website PythonAnywhere dan klik “Start coding Python online in less than a minute!”.

pythonanywhere

Anda akan dialihkan ke halaman harga hosting PythonAnywhere, langsung pilih saja “Create a Beginner account” untuk membuat hosting Python gratis.

pythonanywhere-pricing

Fitur yang akan anda dapatkan adalah alamat aplikasi anda berada pada subdomain dari pythonanywhere.com, satu web apps per akun, console Python, Bash dan MySQL, integrasi DropBox, penjadwalan tugas seperti cron, penggunaan CPU secara maksimal selama 100 detik, kuota bandwidth yang mencukupi dan jatah penyimpanan file sebesar 500MB.

pythonanywhere-signup

Setelah mendaftarkan akun di Python Anywhere anda akan bisa membuat aplikasi web langsung dari akun GitHub anda atau secara manual dengan console Python.

pythonanywhere-what-next

Klik Consoles untuk membuka console Python dengan berbegai versi, MySQL atau Bash.

pythonanywhere-consoles

Files digunakan untuk manajemen file yang anda upload atau bisa anda sinkronkan dengan akun DropBox anda.

pythonanywhere-files

Web berguna untuk melihat web apps yang telah dibuat, dalam gambar masih kosong.

pythonanywhere-web

Schedule untuk membuat tugas yang terjadwal.

pythonanywhere-schedule

Databases untuk melihat database yang telah anda buat.

pythonanywhere-databases

Web Apps Python anda bisa diakses dari publik melalui username.pythonanywhere.com jadi jangan sampai salah ingat. Dari penjelasan singkat dapat disimpulkan bahwa PythonAnywhere menawarkan fitur yang cukup lengkap dan memudahkan untuk mendevelop aplikasi berbasis Python bahkan untuk versi gratisnya. Silahkan dicoba terlebih dahulu untuk membiasakan diri mengembangkan software menggunakan Python untuk web.

2 pemikiran pada “Hosting aplikasi Python anda dengan gratis di PythonAnywhere”

    • Kalau di PythonAnywhere tidak ada cron, tapi bisa menggunakan Scheduled tasks. Dibatasi hanya satu untuk layanan gratisnya.

Tulis komentar...