IconViewer: Melihat dan mengambil icon yang tersimpan dalam program

Dalam tampilan suatu program yang dijalankan lumrah sudah ada icon – iconnya dalam tombol atau sebagai simbolisasi fungsinya. Mungkin anda seperti saya yang tiba – tiba tertarik betapa bagusnya desain iconnya dan penasaran apa saja icon yang disertakan software tersebut.

Dengan rasa ingin tahu ini saya tidak sengaja menemukan IconViewer, yang fungsinya cuma satu melihat seluruh icon dalam berbagai jenis ukuran yang berada di dalam program (*.exe) atau library (*.dll). Setelah anda menginstallnya kemungkinan anda akan kebingungan mencari program IconViewer untuk dijalankan seperti saya, ternyata memang agak berbeda cara pakainya.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, cukup klik kanan pada ekstensi file yang didukung dan pilih Properties. Disini saya membuka Properties dari Mozilla Firefox (firefox.exe), dan ada tab baru bernama Icons yang menampilkan daftar icon yang tersedia di dalamnya.

IconViewer

Anda bisa melihat satu icon bisa terbagi menjadi dalam berbagai macam ukuran, dan kelebihannya kalau anda ingin menggunakan icon tersebut maka cukup klik kanan dan pilih Save As… untuk menyimpannya. Tapi pastikan dulu lisensi dari icon – icon ini bebas digunakan untuk tujuan anda supaya tidak melanggar hukum hak cipta.

Penilaian pribadi saya, IconViewer dengan integrasinya dalam Properties Windows membuatnya sebagai aplikasi termudah dan paling sederhana karena anda tidak perlu menjalankan program tambahan.

Tulis komentar...