Internet Download Manager: Akselerator kecepatan download file serba bisa

Sebenarnya sudah berkali – kali saya membahas fitur – fitur spesifik pada Internet Download Manager (IDM). Kali ini saya akan mereview secara keseluruhan mengenai IDM dan kelebihannya. Sekarang ini IDM merupakan raja dalam software download manager di Indonesia, banyak dari kenalan saya sudah mengenal program satu ini untuk mempercepat download mereka.

Tampilan Internet Download Manager kalau anda perhatikan akan tampak jadul, tapi dibalik kesederhanaannya ini terdapat kemampuannya yang sangat hebat dalam urusan download file.
idm-queue-started

Secara default saat anda menginstall IDM akan otomatis mengintegrasikan diri dengan browser populer seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Google Chrome. Jadi tanpa anda perlu melakukan apapun maka setiap proses yang berhubungan dengan download file akan diambil alih, ini termasuk streaming video atau audio seperti di Youtube, SoundCloud dan sebagainya. Terlalu banyak yang didownload? Gunakan saja fitur antriannya untuk mengunduh satu per satu filenya. Bahkan kalau mau anda bisa mendownload situs lengkap beserta isinya (Site Grabber) untuk browsing secara offline.

Kenapa download menggunakan IDM bisa menjadi lebih cepat? Mereka menggunakan algoritma khusus yang membagi sebuah file menjadi beberapa bagian dan diunduh secara paralel sekaligus, inilah yang membuatnya sangat cepat dan bisa menghabiskan bandwidth koneksi internet anda.
idm-download-status

Tapi bukan berarti tanpa kekurangan menggunakan sistem download seperti ini, ada beberapa situs yang akan langsung memutus koneksi anda kalau menggunakan software download manager. Ada juga yang membatasi dengan tidak bisa sebuah download disambung kalau sempat berhenti atau putus. Kalau anda sering mengalami kegagalan saat mendownload memakai IDM maka saran saya kurangi jumlah koneksi ke server atau malah gunakan saja browser anda untuk mengunduhnya, ini lebih menjamin keberhasilannya.

Harganya memang cukup mahal yaitu sebesar $29.95 atau sekitar Rp.350.000,- tapi berlaku seumur hidup, jadi sekali anda membelinya maka akan mendapatkan update selamanya. Ini lebih baik daripada kita menggunakan serial, keygen, crack, atau patch yang selain ilegal juga memiliki resiko keamanan.

Tulis komentar...