Inno Setup: Membuat installer software mudah dan cepat

Setelah membuat program di Windows tentu kita harus mempersiapkan cara untuk mendistribusikannya ke komputer lain. Jangan sampai kita membagi – bagikan file exenya dan secara manual mengcopykan database aplikasinya. Ini selain merepotkan juga lebih besar resiko ada masalahnya.

Walaupun di Visual Studio sudah ada tool untuk membuat installer sederhana tapi kita sering membutuhkan kemampuan dan fleksibilitas yang lebih besar. Karena itu saya ingin memperkenalkan Inno Setup, software pembuat installer program di Windows favorit saya sewaktu kuliah. 😀

Saat anda menginstallnya saya sangat menyarankan untuk mengikutkan Inno Script Studio, Inno Setup Preprocessor (ISPP) dan Encryption Support untuk memudahkan anda mengedit installernya dan menambahkan fitur enkripsi.

Cara menggunakan Inno Setup untuk membuat instalasi software anda mudah kok, setelah anda menjalankannya klik saja menu File dan pilih New. Akan muncul jendela panduan (wizard) yang menuntun anda untuk membuat installer.

inno-setup-script-wizard

Selain mengisikan informasi mengenai software anda, tingkat kompresi installer dan algoritma yang digunakan bisa ditentukan – ini membantu anda membuat ukuran installernya sekecil mungkin, file – file apa saja yang diikutkan selain file exenya – jadi database dan gambar – gambar bisa diikutsertakan.

Kalau sudah maka akan muncul kode – kode Inno Setup Script (ISS) didalam editornya berdasarkan opsi yang dipilih dan anda isikan pada wizard sebelumnya. Sebenarnya anda bisa mengetikkan kode ISS (mirip bahasa Pascal/Delphi) secara manual, tapi ini kalau sudah terbiasa saja.
inno-setup-compiler

Langkah selanjutnya? Buka menu Build dan pilih Compile (CTRL+F9) dan proses pembuatan file installer akan dibuat. Nanti hasilnya bisa digunakan di berbagai versi Windows, dari yang jaman dinosaurus sampai yang terbaru. Selesai! Sangat gampang kan? 🙂

Tulis komentar...