Instalasi ekstensi Internet Download Manager di Google Chrome

Saya sudah sangat lama tidak menggunakan Internet Download Manager untuk unduh file – file besar jadi tidak sadar juga ternyata di Google Chrome kok tidak muncul jendela kecilnya. Maksud saya yang biasanya membantu untuk mendownload apa yang ada dalam halaman website yang dibuka. Setelah dicek pada daftar ekstensi malah muncul pesan Not from Chrome Web Store. This extension violates the Chrome Web Store Policy. Waduh… 🙁

Sebenarnya ada cara install manual ekstensi IDM ke Google Chrome, tinggal cari IDMGCExt.crx dalam folder tempat terinstallnya. Kemudian tarik dan letakkan pada halaman daftar ekstensi browsernya. Proses instalasinya akan berlangsung otomatis, tapi kadang akan langsung dimatikan karena bukan berasal dari Chrome Web Store.

google-chrome-extension-idm-integration-module

Tapi sekarang ada cara yang lebih mudah karena pada Chrome Web Store sudah ada ekstensinya secara resmi bernama IDM Integration Module, jadi tidak perlu repot – repot: https://chrome.google.com/webstore/detail/idm-integration-module/ngpampappnmepgilojfohadhhmbhlaek

Tinggal klik Add to Chrome dan nanti sudah akan terintegrasi dalam Chrome, misal belum tampil maka silahkan restart browsernya dan seharusnya anda bisa menggunakan IDM tanpa ada masalah lagi.

Oh ya, hati – hati kalau cari ekstensinya karena banyak muncul yang palsu dan malah menginstall software yang tidak berhubungan. Saya sempat kena satu kali, malah menambahkan Google App Launcher. 🙁 Pastikan saja anda menginstallnya dari link diatas supaya aman.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...