InstalledCodec: Menampilkan dan mengatur codec yang terinstall

Manajemen codec video dan audio bukanlah hal yang mudah dilakukan di Windows, apalagi kalau jumlahnya cukup banyak karena anda sering menginstall codec – codec baru karena dibutuhkan saat memainkan video dengan codec khusus. Walaupun kita secara manual bisa melihat daftar codec yang terinstall di Windows, tapi cara mengaturnya tidaklah mudah.

Kenapa kita perlu mengetahui apa saja codec yang terinstall? Ini diperlukan supaya anda tahu dan tidak perlu menginstall codec yang sama dua kali, dan juga kita bisa menghidupkan atau mematikan codec – codec yang terpasang saat dibutuhkan atau tidak.

InstalledCodec adalah software yang gunanya cukup spesifik, yaitu menampilkan daftar seluruh codec yang terinstall di Windows lengkap dengan informasinya. Tampilan datanya bisa diurutkan juga, misal anda ingin mengetahui codec apa saja yang baru diinstall, maka klik saja kolom Modified Time.

installedcodec

Anda juga bisa menghidupkan dan mematikan suatu codec dengan klik kanan pada namanya kemudian memilih Enable Selected Items (F7) atau Disable Selected Items (F8).

Secara keseluruhan tool ini cukup membantu dalam troubleshooting kenapa suatu film atau lagi tidak bisa diputar, jadi kita bisa mengetahui codec apa yang tidak ada dan mencari installernya.

Tulis komentar...