IrfanView: Image viewer serba bisa

Software untuk melihat gambar dan foto merupakan wajib hukumnya di setiap komputer, dan walau Windows sendiri sudah menyertakan aplikasi image viewer yang mendukung format gambar populer tapi fitur – fiturnya masih terlalu sederhana. Salah satu program populer untuk ini adalah IrfanView, yang memang saya pakai sehari – harinya untuk kegiatan melihat foto dan gambar, juga melakukan editing sederhana.

IrfanView sendiri sudah saya kenal semenjak masih di sekolah dasar dan sampai sekarang masih diupdate sudah menjadi prestasi tersendiri. Selain format gambar standar seperti JPG, PNG dan GIF, aplikasi ini juga mendukung jenis lainnya yang eksotis dan hanya digunakan dalam media – media tertentu.
irfanview
Format gambar tidak bisa dibuka oleh IrfanView? Berarti lebih langka lagi itu formatnya, dan anda bisa mencoba menginstall plugin untuk menambahkan fitur dan dukungan format gambar yang ada. Karena itulah saya memilih program ini sebagai image viewer default saya di Windows, untuk melihat gambar aplikasi ini sudahlah lengkap.

Tapi bukan itu saja fitur – fiturnya, anda bisa mengubah ukuran gambar dengan mudah tinggal pilih atau isikan ukurannya, mengoptimalkan besar dan ukuran gambar tanpa kehilangan kualitas, menempelkan watermark di setiap gambar, mengkonversi format gambar, melakukan editing sederhana – tidak semuanya membutuhkan photoshop untuk melakukan modifikasi foto, dan masih banyak lagi. Saya hanya menyebutkan fitur tambahan yang sering saya gunakan sehari – hari.

Kesimpulannya? Saya menganggap IrfanView adalah aplikasi Image Viewer serba bisa, jarang sekali saya menggunakan program alternatif lainnya kecuali memang fitur yang dibutuhkan tidak ada.

Tulis komentar...