Jangan pakai nama “user” pada Windows 8.1

Beberapa hari lalu saya menemukan kasus aneh pada laptop Dell milik teman saya, didalamnya terinstall Windows 8.1. Masalahnya pada waktu – waktu tertentu, bisa dikatakan acak, tiba – tiba CPU Usagenya bisa tinggi sekali. Konstan 100% malah. Ini membuat Windows tidak bisa digunakan sama sekali walaupun tidak ada program yang berjalan.

Akhirnya karena di kantor tidak muncul masalahnya kemudian saya bawa pulang, dinyalakan saja tapi ga buka program apapun kecuali task manager. Benar saja tiba – tiba melonjak tingkat penggunaan prosesornya. Tapi untung task manager masih bisa digunakan, dan saya perhatikan yang memakai CPU sampai maksimal terus – terusan adalah taskhost.exe.

Terus terang setelahnya saya bingung mau bagaimana. Mencari di Google sendiri dengan kata kunci “Penggunaan CPU tinggi Windows 8.1” atau “High CPU Usage Windows 8.1” sering mengembalikan hasil yang bersifat umum atau tidak cocok dengan kondisi yang dialami kali ini. Saya baru menemukan titik cerah saat menambahkan kata kuncul “taskhost.exe” dan malah langsung muncul referensi dari Microsoft langsung untuk kasus serupa: https://support.microsoft.com/en-us/kb/3053711

Singkatnya di Windows 8.1 saat user accountnya mengandung kata “user” maka proses taskhost.exe bisa mengkonsumsi persentase CPU yang sangat besar. Cocok dengan kasus yang saya ceritakan. Dan memang benar nama usernya ada kata tersebut, tampaknya dibantu install oleh teknisi tokonya jadi memakai nama yang generik juga. Langsung saja saya rename usernamenya dan restart. Ternyata sukses solusinya dan belum ada laporan masalah lagi dari pemiliknya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...