JotForm: Membuat formulir online tanpa repot

Formulir merupakan cara termudah untuk mengumpulkan data seperti survei mengenai pengunjung, atau anda bisa membuatnya sebagai halaman kontak website. Berbeda dengan polling atau voting yang hanya bisa memilih dari beberapa opsi yang ada, dengan formulir si pengisi akan menuliskan hal – hal yang diminta.

Pada blog kalau pengunjung diminta mengirimkan informasi maka komentar adalah jalan paling umum, tapi kalau minatnya terlalu tinggi malah akan memenuhi dan akan tampak tidak rapi. Karena itu saya memutuskan menggunakan sebuah web form untuk mengumpulkan data yang diperlukan menggunakan JotForm.

jotform

Cara membuat formulirnya sangatlah mudah, anda tinggal memilih jenis elemen pada kotak sebelah kiri dan letakkan pada kanvas yang disediakan. Umumnya yang dibutuhkan adalah judul, teks, nama, alamat email, website, mungkin perlu alamat rumah dan nomor telepon.

Kalau sudah selesai silahkan klik Save, kemudian untuk mendapatkan link menuju formulirnya klik Setup & Embed > Embed Form. Anda bisa menyebarkan link yang diberikan (disini anda bisa mengubah urlnya menjadi lebih mudah diingat) atau menyisipkan menggunakan sistem embed.
jotform-embed-form-wizard

JotForm menyediakan layanan ini secara gratis tapi dengan batasan 100 pengisian per bulan, kalau memang tidak terlalu tinggi tingkat pengisiannya maka bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa memakainya sebagai alternatif dari Google Form atau SurveyMonkey. Oh ya, saya membuat form diatas tanpa mendaftar sama sekali, jadi tidak perlu repot – repot untuk membuat akun terlebih dahulu baru bisa membuat formulir.

Tulis komentar...