Kecewa NiagaHoster

Saya sudah beberapa kali merekomendasikan NiagaHoster untuk tempat membeli nama domain termurah di Indonesia, tapi tampaknya setelah ini saya harus menghentikan promo saya. Ya, ini dikarenakan NiagaHoster sudah mengubah selain harga domain (naik, tapi masih termasuk murah) dan ditiadakannya fitur WHOIS Privacy yang sebelumnya gratis menjadi berbayar (Rp. 12.500).

Hal ini saya baru ketahui saat membeli domain untuk teman saya, entah kenapa tidak ditemukan adanya fitur Privasi dalam halaman pengelolaan nama domain tersebut. Jadi opsi pengaturan privasi domainnya yang tidak ada, sempat saya pikir salah lokasi settingnya. Untung saya cek dan bandingkan dengan nama domain saya yang lain tapi sudah lebih dahulu saya registrasikan.

niagahoster-pengaturan-privasi-domain

Langsung saja saya tanyakan ke tim Technical Support NiagaHoster dan benar saja ternyata fitur Whois Privacy ini sekarang harus membayar untuk mengaktifkannya. 🙁

niagahoster-support-ticket-whois-privacy

Berikut isi balasan ticket saya:

Halo Chandra,

Trimakasih telah menghubungi team support Niagahoster,

Benar, untuk harag domain baru kami saat ini belum termasuk layanan domain privacy, untuk itu apabila anda menginginakn layanan tersebut maka akan kami kenakan biaya tambahkan sejumlah Rp.12.500 per domainnya, dna apabila anda setuju mohon untuk konfirmasi kembali.

Mohon untuk tidak segan menghubungi kami kembali jika masalah ini masih belum terselesaikan atau jika Anda masih memiliki pertanyaan lainnya. Kami akan sangat senang membantu Anda.

Salam Hangat,
www.niagahoster.co.id

Yah… agak kecewa juga sih terhadap NiagaHoster. Bisa dikatakan agak sial juga saya dalam membeli domain .com baru di NiagaHoster hari ini. Selain harga di bannernya masih belum diupdate, tercantum 84ribu tapi pada saat checkout 99ribu. Ini bukan masalah besar bagi saya, karena masih terhitung murah. Saran saya ke NiagaHoster sih lain kali kalau ada promo serupa harap dicantumkan masa berlakunya juga biar tidak ada salah paham.

niagahoster-promo-domain-com-84ribu

 

Yang diperparah fitur Whois Privacy tidak ada dan menambah harga 12.500. Padahal dalam FAQnya masih dituliskan kalau fitur ini adalah gratis.

niagahoster-faq-whois-privacy-gratis

Saya tidak menuduh ini penipuan, tapi ya setiap kebijakan baru harap segera diperbarui data – datanya. Ini supaya tidak menyesatkan calon pelanggan atau pelanggan NiagaHoster lama seperti saya karena berharap mendapatkan nama domain murah dengan proteksi Whois gratis seperti biasanya. Semua data ini masih sesuai screenshot per tanggal 12 Maret 2015, semoga sudah diupdate setelah saya menghubungi supportnya.

Hal ini menjadi pelajaran pribadi bagi saya agar setiap ketentuan yang ada situs resminya belum tentu saat itu benar, dan memang sebaiknya ditanyakan dahulu ke support website apapun kalau ada yang tidak meyakinkan. Daripada terlanjur membeli tapi mendapatkan hasil yang berbeda. Iya kalau komplain bisa memperbaikinya. 🙁

Kapok dengan NiagaHoster? Tentu tidak, cuma saat ini kecewa saja. Saya masih akan terus menggunakan jasanya.

Ini hanya masalah nama domain saja, sedangkan mengenai layanan hosting dari NiagaHoster saya tidak bisa berkomentar karena belum pernah mencobanya. Mungkin di lain kesempatan saat ada teman atau klien yang menginginkannya tentu akan saya review juga.

26 pemikiran pada “Kecewa NiagaHoster”

    • Halo Ifnu, terus terang saya sudah sangat jarang menggunakan shared hosting mas. Tapi kalau mau bicara rekomendasi coba mas beli di Mangkuk Merah, sampai sekarang saya masih puas dan jarang ada masalah. Supportnya bagus dan uptimenya sangat baik.

    • Oh terimakasih tambahannya mas. Soal shared hosting memang cocok – cocokan dan kadang bisa tertipu harga murah. Baca review pun kadang tidak membantu karena banyak promosinya daripada opininya. 🙂

      Yang pasti soal Niagahoster ini dari sisi harga domain dari dulu yang paling murah sekarang sudah termasuk yang paling mahal. Perpanjangan salah satu domain saya disana sudah jadi 163ribu. 🙁 Ini mau ngurus transfer domainnya. Mahal soalnya.

  1. saya pernah jadi klien di sana
    supportnya kaya tai
    bener2 gak profesional
    jadi ketika mereka menyadari kesalahannya, tiket balasan yang mereka kirim di dashboard klien dihapus. Dan anehnya tiket2 yang lainnya tidak dihapus. yang dihapus ya hanya tiket yang itu.
    sayang sekali saya gak mengcopy dulu isi tiket balasan tersebut. dan juga tidak terkirim ke email.

    • Terimakasih mas buat share pengalamannya. Kalau baca – baca pengalaman pelanggan Niagahoster lain yang tidak disisipi afiliasi memang cocoknya buat situs yang kecil trafiknya. Kalau sudah kena limit hostingnya mau upgrade juga tidak ada perbedaan jauh tampaknya.

      Mas masalahnya apa ya kok bisa sampai dihapus ticketnya? Tidak profesional sekali kalau benar begitu.

  2. Sepertinya akibat perubahan besar privacy protection dulu yang awalnya memang free dan sekarang berbayar membuat sebagian hoster lupa mengupdate halamanya.

    Sekarang kalau ada penawaran domain dengan harga dibawah 90rb perhatikan dulu biaya renewalnya, karena takutnya renewalnya lebih mahal dari harga secara umum.

    meski begitu ada ada juga tetangga provider lainya “bukan yang diatas” yang menjual domain .com sekitar 110rb dan bukan promo. Mereka bisa menjual di harga itu karena provider bersangkutan adalah domain registrar.
    dan untuk menjadi registrar keluar modal besar dan target penjualan juga besar jadi karena ingin kejar setoran menutup biaya registrar maka mereka jual murah.

    menurut perhitungan saya, harga domain dengan rasio dollar yang fluktuatif ini untuk .com ambil saja harga $9 x rasio 13.500 ( kalau bayar pakai paypal kena sekitar 14.000) maka biayanya rp. 126.000.
    dengan harga segitu, ambil untung 10rb jadinya .com ya sekitar 136.000,-

    kira-kira begitu 🙂

    • Hehe betul mas Hadi. Memang harga domain kan ikut USD dan memang naik semua. Saya kecewanya memang di masalah tidak konsisten informasinya, bahkan cukup lama ditampilkan dan baru dikoreksi setelah saya komplain. Apalagi secara diam – diam fitur WHOIS Privacynya jadi tidak include juga. Lah saya beli domain di Niagahoster karena murah dan sudah termasuk WHOIS Privacy. Akhirnya sejak saat itu tidak pernah beli domain baru disana, cuma perpanjang apa yang sudah ada.

      Kadang malah ada yang memberikan registrasi baru .COM murah tapi dikunci setahun, mau ga mau harus perpanjang di tempat yang sama baru boleh transfer. Memang renewalnya bisa harga normal atau harga mengerikan. Wajib tanya ke support kalau ini.

  3. Jujur sy kecewa sm niagahoster bikin web sudah byar ke BCA a/n web media technology indonesia….tp sm skali gda tanggapan padahal sudah login ke member area dn mengupload bukti pembayaran a tp sm skali gda respon….

    • Wah… payah juga mas. Sudah coba kontak lewat livechat atau ticketnya?

      Saya juga baru nambah satu lagi kekecewaan, ternyata WHOIS Privacy yang dulunya gratis pada domain lama dihapuskan begitu saja dan harus menambahkan 45ribu. 🙁

  4. Seharusnya Komplain ini bisa menjadi bukti, dan pihak NiagaHoster memberikan yang seharusnya yakni harga dan fitur yg dimaksud, karena sobat punya Bukti kesalahan mereka yang tidak Up to Date dalam Informasi Harga dan Layanan.

    • Saya sudah ikhlas mas. 😀 Dan tidak pakai Niagahoster lagi untuk urusan domain, mahal soalnya. Sedangkan web hostingnya saya no comment belum pernah coba, mestinya tidak jelek.

  5. Saya liat Niagahoster juga rajin ngasih promo buat order awal domain kok mas. Rajin rajin update di halaman promo websitenya aja. Khan lumayan kalo pas lagi ada promo mas. Dan setauku untuk hostingnya recommended mas, karena saya ada hosting disana dan jarang banget mengalami masalah, apalagi akses websitenya juga cepet. Pasti skrang Niagahoster juga udah memperbaiki pelayanannya. Mereka juga nyediain garansi 30 hari uang kembali. Jadi kalo emang gak sesuai layanan hostingnya bisa minta refund

    • Trims sharenya mas. Sudah lama ga mantau medsos/promo Niagahoster, ga kerasa pengalaman saya sudah 2 tahun lalu. 😀

      Tapi terus terang untuk urusan domain, memang murah kalau promo mas, kalau normal ya sama saja. 😀 Tinggal gimana kualitas layanan dan supportnya.

      Hosting memang belum pernah coba saya.

    • Sip mas, sama sama. Iya kalau promo domain emang bisa dapet harga yang murah banget mas. Lain kali cobain deh mas hostingnya. recommended juga kok

  6. Emang susah sih yaa memuaskan semua customer dengan banyaknya pelanggan. Pasti ada yang kecewa atau puas. Saya sendiri sih puas sama layanan yang diberikan sama niagahoster. Semoga niagahoster dapat terus berkembang dan maju. Sukses selalu niagahoster

    • Yup, tergantung kebutuhan pelanggan seperti apa juga.

      Niagahoster termasuk sukses di Indonesia, katanya sudah 100ribu situs lewat dihosting disana. 🙂

    • Iya mas, semuanya tergantung dari kebutuhan pelanggan sendiri mau bikin website kayak apa. Yang pasti niagahoster recommended menurutku

  7. Mungkin kalo ada kendala sama sebuah layanan emang harus dikomunikasikan secara baik baik. Jadi komunikasinya juga enak dan aku yakin pihak Niagahoster juga akan ngasih solusi. Karena gak mungkin khan mereka bakal bikin pelanggannya sendiri lari. Aku sendiri juga ada hosting disana gan. Dan pernah juga ada masalah sama website saya. Langsung deh aku hubungi mereka dengan bahasa yang gak ngenakin. Tapi ternyata mereka mampu ngatasin itu dengan baik

    • Haha… masalahnya ini bukan soal kualitas hosting mas. Tapi promo yang masih dipajang dan ketentuannya belum diupdate. Jadi ada ketidakcocokan saat nyatanya nanti beli domain harga berapa dan fitur kena charge tidak.

      Waktu saya menuliskan keluhan ini memang sedang cari domain murah, apalagi budgetnya terbatas. Jadi ngefek sekali selisihnya.

    • Iya mas. Semoga bisa jadi review buat niagahoster juga biar bisa lebih teliti lagi kalo mau update promo atau ganti harga pas promo udah berakhir. Jadi gak ada pelanggan yang ngerasa dibohongin. Tapi selebihnya kalo soal kualitas layanannya bagus

  8. Kemaren nyoba daftarin domain .id di niagahoster, mudah2an tidak ada kendala di kemudian hari
    Sejauh ini layanannya masih bagus.

    • Iya mas rendra, aku juga kemarin abis order domain disana. Tapi sebelumnya udah ada hosting sama domain di niagahoster juga dan gak pernah ada problem. Semoga selalu baik2 aja yaa

  9. Termasuk pelanggan yang cukup lama juga di niagahoster. Sejauh aku pake layanannya mereka fine-fine aja kok. Supportnya juga makin kesini makin oke

  10. Satu lagi yg mengecewakan dari niagahoster, tim support tiketnya payah banget, menjawab tiketnya bisa 5 jam keatas, keburu betelor ayam, kalau begitu caranya.

Tulis komentar...