KeePass: Membuat password kuat dan menyimpannya dengan aman

Banyaknya situs social media, forum, toko, transaksi bank, dan layanan online kadang membuat kita pusing dalam mengingat username dan password yang anda gunakan dalam mendaftarkan akun. Jangan sampai anda malah tidak mau repot dengan menggunakan username dan password yang sama untuk seluruhnya, karena bila berhasil dibobol 1 maka semua akun anda akan beresiko untuk diakses orang – orang yang jahat.

Memang sangat sulit kalau anda menggunakan password yang berbeda untuk setiap password, karena itulah sangat disarankan selain anda bisa membuat password yang kuat juga menyimpannya dalam password manager seperti KeePass Password Safe. Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa mengatur dan mengamankan data – data mengenai alamat email, username dan password yang anda miliki dengan mudah.

keepass-password-safe

Kalau sebelumnya anda harus mengingat banyak password atau passphrase maka sekarang anda cukup menghapalkan satu password utama (master key) untuk program KeePass saja. Sangat disarankan untuk membuat Master password yang sangat kuat ini berhubungan langsung dengan kuat tidaknya enkripsi yang dilakukan terhadap database KeePass anda, kriterianya selain jumlah karakter yang banyak juga kombinasikan dengan angka dan karakter spesial.
keepass-master-password
Selanjutnya adalah masalah disiplin saja, biasakan untuk menyimpan profil yang anda buat beserta passwordnya kedalam KeePass setiap kali. Kalau ada perubahan dan update maka modifikasi datanya. Simpan file database password (*.kdbx) anda di tempat yang aman dan lakukan backup rutin supaya tersedia cadangannya kalau ada apa – apa. Terakhir jangan sampai anda melupakan master password dari database KeePass anda, karena tidak ada cara lain untuk memulihkannya.

Satu pemikiran pada “KeePass: Membuat password kuat dan menyimpannya dengan aman”

Tulis komentar...