LOADING

Type to search

Lainnya

Kenapa pengiriman dari Cina bisa gratis

Jadi ceritanya saya mendapatkan pertanyaan kenapa membeli barang dari Cina dan Vietnam bisa mendapatkan free shipping atau pengiriman gratis keseluruh dunia. Saya sebenarnya sudah tahu memang untuk pembelian barang dari beberapa online shop yang berbasis di Cina atau Hong Kong sering menawarkan opsi free worldwide shipping ini. Biasanya anda temukan di eBay, Taobao, AliExpress dan semacamnya.

Yang membuat saya ikut penasaran kok bisa mereka (si penjual) menawarkan pengiriman tanpa biaya? Memang membeli dari sana harganya bisa sangat murah, tapi ongkos kirim dari luar negeri kadang menjadi penghalang – soalnya bisa lebih mahal dari barangnya, belum lagi masalah pajak impor kalau sudah masuk Indonesia.

Kalau anda juga ingin tahu kenapa pengiriman paket dari Cina bisa gratis silahkan baca apa yang saya temukan berikut.

  • Harga barang yang sangat murah
    Mau tidak mau kita harus mengakui bahwa hampir seluruh nama besar di dunia memiliki pabrik atau melakukan produksi barangnya di Cina. Ini dibuktikan dengan banyaknya label “Made in China”. Mulai dari elektronik, gadget, handphone, baju, tas, aksesori dan entah apa lagi karena tidak habis – habis kalau dibahas.
  • Ongkos kirim pengiriman paket yang memang murah
    Pemerintah Cina ternyata memang mendukung penjualan langsung keluar negeri, ini dibuktikan dengan adanya subsidi untuk biaya pengiriman dari Cina.
  • Kerjasama dengan negara lain
    Kantor pos Cina (China Post) dan Hong Kong memiliki kerjasama dalam hal pengiriman paket dengan murah atau bahkan gratis ke negara lain. Contohnya adalah antara USPS dengan nama ePacket.
  • Banyaknya barang yang lalu lalang dari Cina
    Jumlah barang yang dikirim keluar dari Cina sangatlah masif, sehingga ongkos kirim bisa ditekan semurah mungkin bahkan gratis.

Faktor – faktor diatas kalau digabungkan jelas menjadi keunggulan penjual dari Cina atau Hong Kong. Sedangkan untuk Vietnam saya sendiri masih mencoba mencari tahu, tapi kemungkinan bisa dikatakan mirip.

Kapan nih Indonesia bisa menerapkan kebijakan serupa supaya kita bisa bersaing di luar negeri. 😀

Tags

12 Comments

  1. ordinary people April 25, 2016

    Indonesia mimpi aja, perusahaan plat merah banyak mafia nya

    Balas
    1. Chandra Utama April 25, 2016

      Lahan basah soalnya mas, banyak keuntungan kalau bisa ambil bagian. Semoga kedepannya ada kebijakan pemerintah yang mendorong ekspor daripada impor.

  2. didin syarifudin Oktober 28, 2016

    Harga jual barang 4$/kg tapi biaya kirim 80$/kg gimana harga kita bisa bersaing dengan competitor luar negeri,,yg tadiny pengen jadi exporter,,gk jadi lah

    Balas
    1. Chandra Oktober 30, 2016

      Betul mas, selama belum ada dukungan nyata memang sulit untuk ekspor. Kecuali harga barangnya cukup tinggi barulah berharga. Yang sulit memang merintisnya.

    2. Memet Agustus 13, 2017

      Saran saya jd jasa ekapedisi aja lebih menguntungkan

  3. Eman Januari 24, 2017

    Mas klo pake Hongkong post di Indonesia nya pake apa lagi ya.. Terimakasih

    Balas
    1. Chandra Januari 24, 2017

      Pakai Pos Indonesia (kantor pos) mas.

    2. dipa September 23, 2017

      lbh murah dari fedex dan DHL ya?

    3. Chandra September 30, 2017

      Ya mas, relatif lebih murah.

  4. Memet Agustus 13, 2017

    Indonesia biasa yg di ekspor TKI, sudah lebih terkenal kok dibanding ekspor TKI dari cina indonesia lebih unggul. Kita patut berbangga.

    Balas
    1. Harnowo Oktober 18, 2017

      ??

  5. Tothepoint Desember 11, 2017

    Kalau indonesia sekarang kerja sama dengan negara luar, Apalagi “Cina” bisa2 para sumbu pendek mengecap jokowi sebagai PKI , ataupun ingin menjual aset indonesia keCina..

    banyak sumbu pendek zaman now

    Balas

Tulis komentar...