Keyboard rusak? Gunakan saja keyboard digital untuk sementara di Windows

Keyboard kalau sampai rusak total biasanya jarang terjadi, kecuali terjadi kecelakaan parah pada perangkat ini. Biasanya sih yang umum dialami adalah salah satu atau lebih tombol di keyboard ada yang tidak berfungsi atau rusak. Kalau anda tipe – tipe penghemat seperti saya yang akan mengganti keyboard kalau memang sudah tidak bisa digunakan maka saya sarankan menggunakan keyboard versi digital.

Keyboard digital? Makanan apa ini? Keyboard digital atau lazimnya disebut dengan On-Screen Keyboard adalah keyboard yang dioperasikan menggunakan mouse. Memang agak sedikit repot dalam penggunaannya tapi kalau untuk sementara dan anda tidak sempat keluar untuk membeli keyboard baru atau memang saat ini anda belum memiliki uang yang cukup untuk membelinya; Maka ini adalah solusi paling memungkinkan bagi anda karena gratis kecuali anda pinjam keyboard teman ini malah lebih baik lagi. Siapa tahu solusi sementara ini malah menjadi permanen.

Cara mengakses On-Screen Keyboard (OSK) di Windows adalah melalui Start Menu dan pilih Accessories, kemudian pilih Ease of Access dan klik icon On-Screen Keyboard.

windows-7-start-menu-accessories-ease-of-access-on-screen-keyboard

Sebuah keyboard akan muncul di layar monitor anda, untuk menggunakannya cukup klik saja tombol yang ingin anda gunakan atau ketikkan.

windows-7-on-screen-keyboard

Cara lain (relatif lebih cepat) mengakses OSK ini adalah melalui kotak Search programs and files dan ketikkan saja osk.
windows-7-start-menu-search-osk

Kalau anda merasa kerepotan menggunakan OSK sebagai pengganti keyboard fisik dan hanya ada satu atau beberapa tombol keyboard yang rusak maka lebih baik anda menggantikan fungsi tombol yang tidak rusak tapi tidak terpakai menggunakan program KeyMapper.

Ada bonus keamanan juga kalau menggunakan keyboard digital ini, misal anda memasukkan data penting seperti password bank, game atau akun social media maka program jahat semacam keylogger tidak bisa mencatat ketikan anda karena anda cuma melakukan klik dengan mouse.

2 pemikiran pada “Keyboard rusak? Gunakan saja keyboard digital untuk sementara di Windows”

Tulis komentar...