KeyPose: Menampilkan tombol apa yang ditekan di layar

Untuk mengajarkan ilmu komputer baru dalam berbagai bidang secara massal biasanya akan dipandu dalam kelas atau workshop. Ini masih standar, tapi saya ingat kasus kecil semasa kuliah saat kelas pemrograman Delphi (masih ada ga ya sekarang?), sang dosen dengan mudah dan cepat berpindah tempat dalam programnya juga melengkapi syntax hanya dengan tombol shortcut. Karena kami (mahasiswa) masih awam jelas terkesima. Haha… 😀

Akhirnya bertanya bagaimana caranya melakukan hal yang sama, seperti mengakses fitur IDE tertentu atau memperbaiki syntax kode tanpa perlu mengetikkan manual. Walau tidak bisa dikatakan pertanyaan sepele atau membuang waktu tapi hal ini bisa dicegah kalau setiap tombol dan kombinasi hotkeynya ditekan akan ikut dimunculkan pada layar komputer.

Karena setelah liburan lebaran ini saya ada sedikit pelatihan mengenai Excel jadi saya teringat masalah ini dan berusaha mencari solusinya, dan ternyata memang ada software kecil, portable dan gratis bernama KeyPose yang akan menampilkan apa tombol yang ditekan pada tampilan monitor atau proyektornya.

keypose

Tinggal dijalankan saja dan akan otomatis aktif di bagian bawah layar, tampilan programnya sendiri tidaklah mengganggu karena semi-transparan dan akan hilang dengan sendirinya kalau dibiarkan. Aplikasi semacam ini juga akan membantu memperjelas instruksi anda dalam membuat video tutorial, jadi sambil bicara dan melakukan aktivitas panduan maka tombol – tombolnya akan ikut terekam.

Kekurangannya mungkin tidak memunculkan aktivitas mouse seperti klik kanan atau kiri, juga scroll tapi saya rasa walaupun hanya tombol keyboard yang dicatat KeyPose sudah sangat membantu.

2 pemikiran pada “KeyPose: Menampilkan tombol apa yang ditekan di layar”

Tulis komentar...