Cara kirim gambar tanpa buram di WhatsApp

Last Updated on Maret 20, 2021

Walau WhatsApp tidak ditujukan sebagai aplikasi berbagi file, tapi kemampuannya untuk kirim-terima semua format file sangatlah membantu. Selain cepat, dan semua orang punya akun WhatsApp. Bahkan saya menggunakannya sebagai perantara transfer data antara hp dan laptop.

Tapi ada satu kekurangan WhatsApp khususnya dalam mengirimkan gambar atau foto, semuanya akan dikompres. Dalam kasus tertentu kita butuh resolusi foto aslinya, mungkin karena screenshotnya terlalu panjang sehingga informasinya jadi buram atau kita ingin mengedit foto jadi file jpg/png aslinya adalah wajib hukumnya.

Ada satu trik agar aplikasi WA mengirimkan file aslinya tanpa dikompres.

Cara kirim gambar atau foto tanpa buram di WhatsApp

  1. Ketuk icon lampiran di samping icon kamera di kotak pesan WA. Maksudnya jangan langsung kirim gambar dari galeri.
  2. <li>Kemudian tap di pilihan Dokumen.</li>
    
    <li>Cari file png/jpg yang ingin dikirimkan. Bisa memilih pakai explorer apabila lupa nama filenya.</li>
    
    <li>Kirimkan</li></ol>
    

    Selamat tinggal gambar blur, asalkan file aslinya bening juga. Oh ya ukuran filenya akan sama dengan aslinya, jadi jangan kaget kalau downloadnya ada waktu tunggu.

    Ciri-cirinya kalau gambar yang ditransfer pakai metode tanpa kompres adalah hanya muncul nama file dan ekstensinya, tidak ada cuplikan isi filenya. Seperti di screenshot diatas.

    Mengurangi kualitas gambar untuk konsumsi di handphone sebenarnya bukan masalah, selain layar yang kecil sehingga detailnya pun tidak bisa tampil maksimal juga adanya keterbatasan kuota data. Intinya untuk cepat transfer file bertipe gambar juga hemat data, 99% penggunaan mencukupi.

Tinggalkan komentar