Kode rahasia Android

Hal ini baru saya ketahui bahwa di Android terdapat kode – kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengecek kondisi sistem dan bisa mengubah setting internal atau perilaku Android – juga ada beberapa konfigurasi yang hanya bisa diakses melalui kombinasi kode tertentu.

Peringatan saja, kode – kode berikut harap digunakan dengan bijak dan hati – hati. Tidak ada jaminan pasti berhasil dan ada resiko merusak perangkat Android anda. Saya juga hanya menuliskan kode yang berhasil dijalankan pada handphone Android saya (Lenovo A39i – Android 4.2.2 Jelly Bean).

Android Testing

Ketikkan kode *#*#4636#*#* dan akan langsung muncul jendela Testing.

android-code-4636

Isinya adalah berbagai macam informasi mengenai perangkat Android anda:

android-testing

  • Phone information – Informasi teknis dari Android device anda ada disini, dan ada beberapa setting rahasia yang bisa diubah.
  • Battery information – Anda bisa menemukan informasi mengenai baterai smartphone Android anda disini, mulai dari voltase, suhu, teknologi dan kesehatannya.
  • Usage statistics – Akan menunjukkan anda statistik app apa saja yang pernah dijalankan dan diurutkan mulai dari yang paling sering dan paling lama digunakan.
  • WLAN information – Informasi mengenai jaringan WiFi atau hotspot yang pernah digunakan beserta data teknis dari WLAN anda.

Sementara ini saya baru mencoba satu kode diatas dari banyak kode rahasia Android di internet, kemungkinan memang tidak semuanya bisa atau tergantung versi Android yang digunakan. Nanti akan saya tambahkan setelah mengujicoba dan mencatat apa fungsinya secara bertahap.

Tulis komentar...