Seberapa aman komputer anda dari serangan Ransomware?

Dibandingkan virus yang merusak sistem operasi ataupun malware yang membajak browser dengan iklan maka ransomware adalah yang paling berbahaya karena bisa melenyapkan data – data penting yang tersimpan dalam komputer. Yang dilakukan sederhana, file – file penting seperti dokumen Word, Excel atau foto akan dienkripsi dan memerlukan kode khusus untuk membukanya kembali.

Sedangkan kode khusus ini didapatkan dengan membayar tebusan yang akan muncul pesannya pada komputer korban. Ya memang targetnya adalah uang, dan biasanya pakai Bitcoin atau Moneygram supaya tidak terlacak pelakunya. Apabila anda belum pernah mengalami maka baguslah, tapi anda wajib tahu apakah sistem ada aman dari infeksi atau serangan ransomware yang cukup banyak juga variannya.

Saya merekomendasikan RanSim (Ransomware Simulator) untuk pengujiannya. Dengan menjalankan tesnya kita akan tahu apakah antivirus yang terinstall mampu melindungi kita secara menyeluruh dari ransomware. Jangan sampai sudah dipercaya ternyata tidak ada proteksinya. Tinggal anda klik Check now untuk memulai prosesnya dan pastikan antivirus aktif.

Untuk saat ini RanSim mampu meniru perilaku varian ransomware berikut: InsideCryptor, LockyVariant, Mover, Replacer, Streamer, StrongCryptor, StrongCryptorFast, StrongCryptorNet, ThorVariant dan WeakCryptor.

Apabila tidak hijau semua hasilnya maka keamanan komputer anda cukup terancam. Saran saya ganti antivirusnya ke yang lain yang lebih bagus seperti ESET NOD32.

Comments (2)

  1. Riko April 20, 2017
    • Chandra April 21, 2017

Leave a Reply