Konfigurasi POP3, IMAP dan SMTP Yahoo Mail

Tidak setiap saat kita bisa online untuk mengecek email di Yahoo, dan kadang memang lebih baik kita menyimpan arsip dari seluruh pesan yang ada dalam inbox kita. Program – program email client populer seperti Microsoft Outlook atau Mozilla Thunderbird bisa anda gunakan, dan bisa mengenali setting POP3 atau IMAP Yahoo Mail secara otomatis. Tapi kalau anda mengalami masalah pada tahap ini maka bisa mengkonfigurasikannya secara manual.

Jadi POP3 dan IMAP adalah protokol yang digunakan untuk mendownload email – email anda ke komputer atau handphone. Nah… untuk mengirimkan email anda membutuhkan protokol lain bernama SMTP, dan Yahoo juga menyediakannya kok.

Sebelumnya pastikan akun Yahoo Mail anda sudah mengaktifkan akses POP untuk email – emailnya. Buka webmail Yahoo dan klik Settings, kemudian pindahkan ke bagian Accounts dan disebelah kanan alamat email anda akan ada tombol Edit.

yahoo-mail-pop3-settings

Klik saja dan perhatikan pada bagian “Access your Yahoo Mail elsewhere”, ubah opsinya menjadi POP. Semestinya ini malah setting defaultnya, tapi tidak ada ruginya dipastikan. IMAP tidak ada panel pengaturannya karena sudah langsung didukung.

Setelah itu berikut adalah setting POP3 dari Yahoo Mail:

  • POP3 Yahoo Mail: pop.mail.yahoo.com, Port: 995, Koneksi: SSL/TLS.
  • IMAP Yahoo Mail: imap.mail.yahoo.com, Port: 993, Koneksi: SSL/TLS.
  • SMTP Yahoo Mail: smtp.mail.yahoo.com, Port: 465 atau 587, Koneksi: SSL/TLS.

Oh ya, nanti saat anda mensetting pada program klien email akan diminta memasukkan akun Yahoo anda. Walau langkah ini sudah jelas maksudnya tapi ternyata banyak yang bingung username dan password apa yang digunakan untuk login. Gunakan saja akun anda saat login webmail seperti biasa.

Semoga membantu. 🙂

Tulis komentar...